Inilah Sekolah Yang Bikin Betah Muridnya Sampe Nggak Mau Pulang Salah Satunya Ada Di Indonesia

Inilah Sekolah Yang Bikin Betah Muridnya Sampe Nggak Mau Pulang Salah Satunya Ada Di Indonesia

Blogpendidikan.net - Wah... asyik nih, ada sekolah bikin betah muridnya sampe nggak mau pulang. Penasaran apa saja hal atau kegiatan yang bikin betah murid-murid di sekolah tersebut.
Yuk kita intip sama-sama sekolah mana saja di belahan dunia ini yang bikin betah muridnya, ternyata salah satu sekolah itu ada di indonesia.

Sekolah yang Membuat Para Murid Betah dan Tidak Ingin Pulang. Sekolah adalah tempat anak-anak mempelajari banyak hal. Harusnya tempat belajar itu dibuat senyaman mungkin agar siswanya merasa betah menghabiskan waktu di sana.

Tapi kebanyakan sekolah dibuat dengan standar yang tidak jauh berbeda. Di satu sisi memang membangun jiwa pembelajaran dan kepatuhan, tapi di sisi lain agak membatasi kreativitas. 
Murid-murid dituntut untuk mengikuti peraturan sekolah yang ketat, dan terdapat sanksi bagi yang melanggar. 

Memang peraturan demikian perlu diterapkan agar terbangun kedisiplinan siswa. Namun ada baiknya, sesekali murid diajak untuk keluar dari rutinitasnya. Kebanyakan siswa menganggap sekolah hanya sebagai rutinitas semata dan tampak membosankan. Padahal sekolah dapat menjadi sarana terbaik untuk mengembangkan ide dan kreativitas siswa.

Di tengah menjamurnya model sekolah yang konvensional tersebut, ternyata ada juga institusi pendidikan yang dirancang agar siswa-siswanya merasa semakin senang Indonesia pun termasuk salah satunya. 

Berikut ini Sekolah Yang Bikin Betah Muridnya Sampe Nggak Mau Pulang Salah Satunya Ada Di Indonesia;

1. Sekolah sebagai kantor, Ohio USA
Sekolah ini juga tidak memiliki ruang kelas. Di dalam gedung utama ada sekitar 300 cubicle yang masing-masing diisi oleh satu siswa. Setiap cubicle juga dilengkapi dengan komputer yang akan membantu siswa melalui rencana pembelajaran mereka. Anak-anak di sana belajar secara mandiri, namun bila ada yang tidak mereka pahami akan ada instruktur yang membantu.

2. Sekolah Steve Jobs, Amsterdam, Belanda
Sekolah ini dirancang untuk memperlakukan semua siswa secara setara. Semua murid di sini juga harus membuat rencana pembelajaran mereka sendiri yang dapat mencakup minat dan bakat mereka. Rencana pembelajaran ini kemudian dievaluasi oleh sang murid itu sendiri bersama orang tua dan juga guru setiap enam minggu.

3. Semi Palar, Indonesia
Di daerah Jawa Barat ada sebuah sekolah yang lebih senang dikatakan sebagai rumah belajar bernama Semi Palar. Di sini para siswa tidak menggunakan alas kaki saat berada di lingkungan sekolah. Setiap kelas akan didampingi dua pengajar yang bertugas mengobservasi dan memberi materi dengan pendekatan konstruktivisme. Sekolah ini dirancang agar siswa menjadi kreatif tanpa adanya peraturan-peraturan yang mengikat.
Rumah belajar ini sering melakukan kegiatan pengabdian masyarakat ke daerah-daerah lain. Jadi bukan hanya mengajarkan anak mengenai pelajaran sekolah, tapi anak-anak dapat terjun langsung ke lapangan untuk merasakan bagaimana kehidupan sosial di luar sana.

4. Sekolah tanpa pelajaran, Toronto, Canada
Para tenaga pengajar di sini bertugas untuk mengobservasi siswa-siswanya. Mereka hanya bertanggungjawab menasihati para murid, bukannya memaksa anak melakukan sesuatu. Di sekolah ini murid-murid tidak akan mendapatkan tugas, penilaian, ataupun jadwal yang mengikat. Anak-anak juga bebas ingin memasuki kelas apa dan melakukan apapun yang diinginkan

5. Sekolah yang mengajarkan hal-hal berbahaya, San Fransisco, California
Semua pengajar di sekolah ini malah mengajarkan hal-hal yang dilarang oleh orang tua murid. Semua siswa di sini sangat diperbolehkan untuk bermain kotor, berdekatan dengan api, mengunakan peralatan rumah tangga, dan lainnya. Kurikulum di sini bertujuan agar siswa bisa menjadi profesional untuk setiap pekerjaan.

6. Sekolah profesional, Rhode Island, Amerika
Di awal sekolah, para siswa sudah mempelajari bidang yang mereka sukai. Agar remaja-remaja itu dapat dengan mudah mengetahui passion mereka, akan ada mentor yang mendampingi. Mentor tersebut juga adalah seorang profesional di bidang-bidang pilihan siswa. Jadi semua anak di sana bisa belajar langsung dari para profesional tentang cita-citanya kelak dan hanya bidang yang mereka sukai yang akan dipelajari di sini.

7. Sekolah kubus, Copenhagen, Denmark
Sekolah ini tidak memiliki ruang kelas tempat anak-anak belajar. Gedung sekolah hanya berbentuk sebuah kubus kaca yang diisi oleh 1100 siswa. Kubus luas yang disebut dengan gymnasium itu hanya dipisahkan oleh tabung-tabung berbentuk drum lengkap dengan tempat duduk nyaman yang ditujukan untuk membuat murid lebih kreatif.

Bagaimana tanggapan anda, dan ternyata di Indonesia ada sekolah yang terinspirasi menjadikan sekolah itu sebagai rumah tempat bermain dan belajar, sehinga anak-anak betah dan menemukan kreatifitasnya sendiri. Tulisan ini dikutip dari laman https://wisatasekolah.com ;Sekolah yang Membuat Para Murid Betah dan Tidak Ingin Pulang. Terima kasih. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk berbagi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments