Panduan Belajar Dari Rumah TVRI Untuk Orang Tua dan Siswa Oleh Kemendikbud

Panduan Belajar Dari Rumah TVRI Untuk Orang Tua dan Siswa Oleh Kemendikbud

Program Belajar dari Rumah (selanjutnya disebut BDR) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemik COVID-19.

Tayangan dalam program BDR meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, serta SMA/SMK dan sederajat. Agar tayangan dalam program BDR dapat dimanfaatkan dengan baik, maka diperlukan panduan yang menjelaskan maksud, tujuan, dan alternatif aktivitas bimbingan yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mendampingi anak saat melihat tayangan dan saat mengerjakan tugas yang disampaikan dalam tayangan, terutama untuk anak pada jenjang PAUD dan SD, sementara untuk jenjang SMP sederajat dan SMA/SMK sederajat, selain panduan untuk orang tua, juga terdapat panduan untuk siswa.

PANDUAN UNTUK ORANG TUA DAN SISWA 

Panduan untuk PAUD dan Sederajat 

Panduan ini untuk dipraktikkan orang tua saat mendampingi anak melihat tayangan Jalan Sesama dan/atau sesudahnya. Kurang lebih 10 menit sebelum program Jalan Sesama ditayangkan, orang tua mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks dan menjelaskan sekilas tentang tayangan Jalan Sesama, tokoh-tokoh inti seperti Elmo dan Tatan.

Orang tua juga perlu menyampaikan lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan ketika mendampingi anak melihat tayangan Jalan Sesama yang tujuannya untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dengan anak melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, menumbuhkan karakter positif, dan dapat juga menguatkan konsep pengetahuan yang disampaikan pada tayangan Jalan Sesama.

Kegiatan bersama anak ini tidak harus langsung dikerjakan serentak dan dalam waktu singkat, tetapi bisa dikerjakan secara fleksibel. Alternatif kegiatan yang dapat lakukan bersama anak saat melihat tayangan adalah sebagai berikut:

Untuk Panduan Belajar Dari Rumah TVRI Untuk Orang Tua dan Siswa Oleh Kemendikbud Selengkapnya >>>  LIHAT DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments