WHO Menyatakan Virus Corona Menular Lewat Udara, Tip Untuk Mencegahnya

WHO Menyatakan Virus Corona Menular Lewat Udara, Tip Untuk Mencegahnya

BlogPendidikan.net
- Temuan teranyar menunjukkan Virus Corona penyebab Covid-19 mampu bertahan di udara dan dapat menulari orang. Meski harus diteliti lebih lanjut, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengakui fakta mengkhawatirkan itu dan meminta setiap individu mengambil langkah pencegahan.

Dalam hasil penelitian 239 ilmuwan yang disampaikan kepada WHO, dijelaskan Virus Corona dapat tetap berada di udara selama berjam-jam dan menginfeksi orang ketika mereka menghirupnya. Risiko penularan paling tinggi terjadi di ruang tertutup dengan ventilasi yang buruk.

Virus yang menyebar di udara inilah yang dapat membantu menjelaskan peristiwa infeksi massal yang dilaporkan di pabrik pengemasan daging, gereja, dan restoran.

Meski begitu, belum jelas seberapa sering orang tertular akibat Virus Corona di udara dalam bentuk aerosol ini dibandingkan dengan droplet atau percikan air yang dikeluarkan ketika orang batuk atau bersin. Demikian juga dibandingkan dengan kontak dengan permukaan yang terkontaminasi, kata Linsey Marr, seorang ahli aerosol di Virginia Tech.

Aerosol dilepaskan bahkan ketika seseorang tanpa gejala menghembuskan napas, berbicara atau bernyanyi, menurut Marr dan lebih dari 200 ahli lainnya, yang telah menjabarkan bukti dalam surat terbuka kepada WHO.

Yang jelas, kata para ahli itu, orang-orang harus mempertimbangkan meminimalkan waktu berada di dalam ruangan dengan orang-orang bukan keluarga mereka. Sekolah, panti jompo, dan bisnis harus mempertimbangkan untuk menambahkan filter udara baru yang kuat dan lampu ultraviolet yang dapat membunuh virus di udara.

Lantas bagaimana antisipasi yang dapat kita lakukan untuk menghindari penularan Virus Corona melalui udara? 

Tetap Jaga Jarak

Untuk virus yang ditularkan melalui udara berarti ia dapat dibawa melalui udara dalam bentuk yang sangat kecil. Bagi sebagian besar patogen, ini adalah skenario ya atau tidak. HIV misalnya, terlalu halus untuk bertahan hidup di luar tubuh, dan tidak bisa mengudara. Sedangkan virus campak bisa mengudara, dan sangat berbahaya karena bisa bertahan di udara hingga dua jam.

Untuk Virus Corona, penjelasannya lebih rumit. Para ahli sepakat bahwa virus tidak melakukan perjalanan jarak jauh atau tetap hidup di luar ruangan. Tetapi bukti menunjukkan itu dapat melintasi suatu ruangan dan, dalam satu pengaturan kondisi percobaan, Virus Corona mampu bertahan paling lama tiga jam.

Aerosol adalah droplet, sebaliknya, tetesan adalah aerosol - mereka tidak berbeda kecuali dalam ukuran. Para ilmuwan terkadang menyebut tetesan berdiameter kurang dari lima mikron sebagai aerosol. Sebagai perbandingan, sel darah merah berdiameter sekitar lima mikron; rambut manusia selebar 50 mikron.

Dari awal pandemi, WHO dan organisasi kesehatan masyarakat lainnya telah memfokuskan pada kemampuan virus untuk menyebar melalui tetesan besar yang dikeluarkan ketika orang yang gejalanya batuk atau bersin.

Tetesan ini berat dan jatuh dengan cepat ke lantai atau ke permukaan yang mungkin disentuh orang lain. Inilah sebabnya mengapa lembaga kesehatan masyarakat merekomendasikan menjaga jarak setidaknya 1,8 meter dari orang lain, dan sering mencuci tangan.

Tetapi beberapa ahli telah mengatakan selama berbulan-bulan, orang yang terinfeksi juga melepaskan aerosol ketika mereka batuk dan bersin. Lebih penting lagi, mereka mengeluarkan aerosol bahkan ketika mereka bernapas, berbicara atau bernyanyi, terutama dengan sedikit tenaga.

Para ilmuwan tahu sekarang bahwa orang dapat menyebarkan virus meskipun tanpa gejala - tanpa batuk atau bersin - dan aerosol mungkin menjelaskan fenomena itu.

Karena aerosol lebih kecil, mengandung lebih sedikit virus daripada tetesan. Tetapi karena mereka lebih ringan, mereka dapat berlama-lama di udara selama berjam-jam, terutama karena tidak adanya udara segar. Dalam ruang tertutup yang padat, satu orang yang terinfeksi dapat melepaskan cukup virus aerosol dari waktu ke waktu untuk menulari banyak orang.

Ventilasi Udara Penting

Jarak fisik masih sangat penting. Semakin dekat Anda dengan orang yang terinfeksi, semakin banyak aerosol dan tetesan yang mungkin terpapar pada Anda. Sering-sering mencuci tangan adalah langkah yang bagus.

Apa yang baru adalah bahwa kedua hal itu mungkin tidak cukup. "Kita harus lebih menekankan masker dan ventilasi seperti yang kita lakukan dengan mencuci tangan," kata Dr. Marr. "Sejauh yang kami tahu, ini sama pentingnya, jika tidak lebih penting."

Petugas kesehatan mungkin perlu memakai masker N95, yang menyaring sebagian besar aerosol. Saat ini, mereka disarankan untuk melakukannya hanya ketika terlibat dalam prosedur medis tertentu yang dianggap menghasilkan aerosol.

Bagi masyarakat, masker masih akan sangat mengurangi risiko, selama kebanyakan orang memakainya. Di rumah, ketika Anda dengan keluarga Anda sendiri atau dengan teman sekamar yang Anda tahu harus berhati-hati, masker tidak diperlukan.

Sedangkan untuk berapa lama aman dalam suatu ruangan, itu sulit ditentukan. Tergantung pada apakah ruangan terlalu ramai untuk memungkinkan jarak aman dari orang lain dan apakah ada udara segar yang mengalir melalui ruangan.

Jangan Terlalu Lama dalam Ruangan Ber-AC

Lakukan sebanyak yang Anda bisa di luar ruangan. Meskipun banyak foto orang di pantai, bahkan pantai yang agak ramai, terutama pada hari berangin, kemungkinan lebih aman daripada pub atau restoran indoor dengan udara daur ulang dari mesin pendingin udara atau AC.

Jangan lupa tetap memakai masker jika Anda cenderung dekat dengan orang lain untuk waktu yang lama.

Ketika di dalam ruangan, satu hal sederhana yang dapat dilakukan orang adalah "membuka jendela dan pintu mereka jika memungkinkan," kata Dr. Marr.

Anda juga dapat meningkatkan filter di sistem pendingin udara rumah Anda, atau menyesuaikan pengaturan untuk menggunakan lebih banyak udara luar daripada udara daur ulang.

Bangunan umum dan bisnis mungkin ingin berinvestasi dalam pembersih udara dan lampu ultraviolet yang dapat membunuh virus. Jika tidak ada hal-hal itu yang mendesak dan penting, cobalah untuk meminimalkan waktu yang Anda habiskan di dalam ruangan, terutama tanpa masker. Semakin lama Anda menghabiskan waktu di dalam, semakin besar dosis virus yang mungkin Anda hirup.

Sumber; liputan6.com

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments