Ada 3 Cara Menguasai Keterampilan Dasar Mengajar

Ada 3 Cara Menguasai Keterampilan Dasar Mengajar

BlogPendidikan.net
- Ada beberapa hal yang penting dikuasai oleh seorang guru yakni keterampilan dalam mengajar. Jangan dianggap sepeleh, jika salah dalam mentransfer ilmu akan berakibat fatal bagi guru dan siswa.

Guru yang terampil tentunya menjadi harapan bagi setiap muridnya. Guru yang benar-benar terampil adalah guru yang menguasai keterampilannya. Sementara guru yang menguasai keterampilannya adalah guru yang terus melatih dan mengembangkan dirinya menjadi terampil mengajar. Lalu, bagaimana caranya untuk menjadi terampil? 

Lantas bagaimana cara menguasai keterampilan mengajar agar bisa maksimal dan terampil dalam melaksanakan proses pembelajaran mencapai tujuan pembelajaran. Berikut beberapa cara menguasai keterampilan dasar mengajar :

Harus Menguasai Berbagai Jenis Keterampilan Mengajar

Menguasai berbagai jenis keterampilan merancang, menyusun dan mengaplikasikan pembelajaran membuat seorang guru menjadi lebih kaya dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Diantaranya keterampilan-keterampilan yang harus dikuasai oleh guru antara lain : 

1. Keterampilan merumuskan tujuan pelajaran.
Guru harus dapat merumuskan apa yang menjadi harapan dari kegiatan belajar mengajar. Itu akan menjadi panduan dalam penyusunan bagian-bagian berikutnya.

2. Keterampilan menyusun materi pelajaran. 
Guru juga harus dapat menyusun materi pelajaran yang disesuaikan dengan tujuan pelajaran.

3. Keterampilan menggunakan berbagai metode mengajar.
Metode pembelajaran memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran itu sangat memengaruhi penyampaian materi sehingga membutuhkan keterampilan guru dalam memilih metode yang tepat.

4. Keterampilan memilih dan menggunakan media pembelajaran. 
Alat peraga atau media pembelajaran merupakan sarana komunikasi antara guru sebagai pengirim pesan dan murid sebagai penerima pesan. Media pembelajaran dapat menghambat penyampaian pesan atau sebaliknya. Melalui media, justru penyampaian pesan itu akan dipermudah. Oleh sebab itu, keterampilan itu harus terus dikembangkan oleh guru yang bersangkutan.

Melatih Setiap Jenis Keterampilan secara Terpisah

Latihan berfungsi untuk mengasah keterampilan yang telah dipelajari dan diketahui. Dalam hal itu, guru harus melakukan latihan secara rutin serta mengevaluasi kembali setiap latihan yang telah dilakukannya. Melalui evaluasi itu, diharapkan ia dapat mengetahui sejauh mana perkembangan keterampilan yang telah dipelajari dan dilatihnya.

Mempraktikkan Keterampilan Dasar Mengajar

Memiliki pengetahuan dan keterampilan tanpa mempraktikkannya tidak ada manfaatnya. Setiap pengetahuan dan keterampilan itu bermuara pada penerapan atau praktik. Melalui praktik, kita dapat mengevaluasi perkembangan keterampilan yang telah dipelajari.

Kesesuaian materi dengan metode yang akan dipakai akan menolong dan mempermudah praktik serta tepat guna. Mempraktikkan apa yang telah dipelajari adalah bagian penting dari pembelajaran.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments