Apa Saja Persiapan Guru di Tahun Ajaran Baru di Saat PTM Terbatas dan PJJ

Apa Saja Persiapan Guru di Tahun Ajaran Baru di Saat PTM Terbatas dan PJJ

BlogPendidikan.net
- Tahun ajaran baru sudah didepan mata, para orang tua sudah mempersiapkan segala sesuatunya kelengkapan anak bersekolah di tahun ajaran baru, gurupun demikian mempersiapkan segala kelengkapan menjelang tahun ajaran baru. 

Karena masa ini pendemi Covid-19 tidak semua sekolah bisa melakukan pembelajaran tatap muka seperti biasanya, ada sebagian sekolah melaksanakan tatap muka tetapi dengan cara terbatas. Bagaimana mempersiapkan segala sesuatunya menjelang tahun ajaran baru?

Berikut apa saja yang dipersiapkan oleh guru menjelang tahun ajaran baru dimasa pandemi Covid-19 baik itu PTM terbatas atau PJJ :
  1. Menganalisis kalender pendidikan
  2. Menganalisis hari efektif sekolah
  3. Menyusun jadwal pelajaran
  4. Menganalisi hari efektif belajar mingguan, bulanan, semester dan tahunan.
  5. Mempersiapkan rencana pembelajaran selama sepekan.
  6. Menyusun data siswa dan membuat absensi siswa
  7. Mempersiapkan kelas dengan keadaan sarana di dalam kelas terpenuhi dan memenuhi standar seperti meja, kuris siswa dan guru serta lemari dan papan tulis, semua masih layak terpakai.
  8. Mempersiapkan buku pelajaran bagi siswa
  9. Mempersiapkan buku pegangan bagi guru, serta buku-buku penunjang proses pembelajaran.
  10. Pastikan semua siap dan proses pembelajaran bisa terlaksana dengan bai di tahun ajaran baru
Yang harus dipersiapkan guru menjelang tahun ajaran baru dimasa pandemi dengan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) baik Luring ataupun Daring :
  1. Setiap satuan pendidikan menyiapkan rencana pembelajaran selama semester ke depan, dengan memilih pembelajaran jarak jauh (PJJ) daring, luring atau gabungan.
  2. Menyiapkan materi, bahan dan media pembelajaran sesuai dengan metode pembelajaran yang dipilih, dengan mengoptimalkan sumber belajar yang tersedia sesuai dengan lingkungan belajar masing-masing siswa.
  3. Menyiapkan pendidik dan tenaga kependidikan yang akan melaksanakan, mengawal dan mendampingi proses pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran yang dipilih.
  4. Mendorong gerakan guru berbagi dalam memberikan dukungan teknis bagi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.
  5. Mengoptimalkan program atau tayangan TV dan radio sebagai sajian utama atau pendukung pembelajaran bagi siswa selama belajar dari rumah, khususnya di daerah yang belum terjangkau akses internet.
  6. Mendorong kolaborasi guru, orangtua, masyarakat dan birokrasi pendidikan agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan sesuai rencana.
Demikian artikel ini semoga bermanfaat, dan para guru sudah harus mempersiapkan segala kelengkapan proses pembelajaran di tahun ajaran baru. Terimakasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments