Apa Sih! Perbedaan Menskor dan Menilai

Apa Sih, Perbedaan Menskor dan Menilai

BlogPendidikan.net
- Proses penilaian adalah bagian terpenting dari proses pembelajaran, penilaian yang dilakukan guru terhadap siswa merupakan hasil dari evaluasi proses pembelajaran baik ulangan harian ataupun semester. Untuk menentukan nilai akhir dari hasil capaian siswa tentunya harus dilakukan menskor dan menilai hasil ujian siswa.

Menskor

Bagian terpenting dalam pengukuran dengan tes atau ujian siswa adalah penyusunan teks/soal ujian. Apabila semua tes disusun sebaik-baiknya maka sebagian besar dari tujuan penyusunan tes tercapai, selain itu menskor (memberi Angka) dan menilai merupakan pekerjaan yang menuntut ketekunan dari penilai, ditambah dengan kebijaksanaan.

Di samping penyusunan dan pelaksanaan tes itu sendiri, menskor dan menilai merupakan pekerjaan yang menuntut ketekunan yang luar biasa dari penilai, ditambah dengan kebijaksanaan-kebijaksanaan tertentu. Nama lain menskor adalah memberi angka.

Menurut Arikunto, dalam pekerjaan menskor atau memberi angka, dapat digunakan 3 macam alat bantu yaitu :
  1. Alat bantu untuk menentukan jawaban yang benar, disebut kunci jawaban.
  2. Alat bantu untuk menyeleksi jawaban-jawaban yang benar dan yang salah, disebut kunci skoring.
  3. Alat bantu untuk menentukan angka, disebut pedoman penilaian.
Menilai

Yang dimaksud dengan menilai ialah kegiatan membandingkan hasil pengukuran (skor) sifat suatu objek dengan acuan yang relevan sedemikian rupa sehingga diperoleh suatu kualitas yang bersifat kuantitatif.

Sebagai hasil penilaian sifat suatu objek berupa kualitas yang bersifat kuantitatif yang diberi simbol agar lebih dipahami. Simbol yang dipakai dalam penilaian untuk menyatakan nilai tersebut dapat berupa angka dan huruf. Simbol angka : 

Skala 0 s/d 4, 1 s/d 4, dan 1 s/d 100.
Arti simbol angka antara lain :
1 = amat buruk
2 = buruk
3 = amat kurang
4 = kurang
5 = tidak cukup
6 = cukup
7 = lebih cukup
8 = baik
9 = amat baik 
10 = istimewa

Simbol huruf : E, D, C, B, dan A 
Arti simbol huruf antara lain :
E = gagal
D = kurang/meragukan C = cukup
B = baik
A = amat baik

Bagaimana Perbedaan Menskor dan Menilai ?

Sebelum melakukan pengolahan dan konversi data hasil penilaian (mengubah data skor mentah hasil tes belajar menjadi nilai standar) terlebih dahulu harus dibedakan pengertian skor dan nilai. Pada umumnya antara skor dan nilai dianggap mempunyai pengertian yang sama, padahal keduanya mempunyai arti yang berbeda.

Skor : Adalah hasil pekerjaan menyekor  (memberi angka) yang diperoleh dengan menjumlahkan angka-angka bagi setiap soal tes yang dijawab betul oleh siswa.

Nilai : Adalah angka atau huruf ubahan dari skor yang sudah dijumlahkan dengan menggunakan acuan tertentu, yakni acuan norma dan acuan patokan atau standar.

Nilai pada dasarnya merupakan angka atau huruf yang menggambarkan seberapa tinggi/besar tingkat ketercapaian kompetensi, juga melambangkan penghargaan yang diberikan seorang guru kepada siswa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments