Ini 5 SD Dengan Biaya Sekolah Termahal, Uang Pangkal Bisa Mencapai 145 Juta

Ini 5 SD Dengan Biaya Sekolah Termahal Bisa Mencapai 145 Juta Per Tahun
gambar ilustrasi
BlogPendidikan.net - Sebagai orang tua berkewajiban menyekolahkan anaknya demi mendapatkan ilmu pengetahuan secara formal di bangku sekolah. Namun terkadang biaya yang jadi persoalan dalam menyekolahkan anak. 

Sebagian orangtuapun tidak mempedulikan seberapa besar biaya untuk menyekolahkan anaknya, yang utama ilmu pengetahuan dan fasilitas penunjang yang dimiliki sekolah.

Seperti dikutip dari detik.com (18/07/21). Berikut ini sederetan Sekolah Dasar (SD) dengan biaya sekolah uang pangkal bisa mencapai 145 juta :

1. SD British School Jakarta

British School Jakarta semulai didirikan dengan dukungan Kedutaan Besar Inggris untuk siswa internasional di lingkungan setempat. Sekolah yang berlokasi di Bintaro, Tangerang ini menerapkan kurikulum pengembangan dari kurikulum nasional untuk mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris, serta International Primary Curriculum untuk mata pelajaran lain.

Biaya sekolah di British School Jakarta per tahun akademik 2021-2022 untuk anak usia 7-11 tahun yaitu Rp124 juta per term atau Rp353,4 juta per tahun. Sementara itu, biaya sekolah untuk anak usia 12 dan 13 tahun yaitu Rp387,4 juta per tahun. Biaya ini mencakup uang sekolah, alat tulis, dan ekskursi.

Orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya dikenakan biaya pendaftaran SD British School Jakarta sebesar Rp4 juta. Orang tua juga dikenakan deposit penerimaan siswa baru sebesar Rp30 juta. Sementara itu, calon murid pindahan usia 12 dan 13 tahun juga dikenakan uang masuk sebesar Rp30 juta.

Murid SD British School Jakarta juga dikenakan biaya Capital Levy Contributions (CLC), semacam biaya pemeliharaan fasilitas dan pengembangan sekolah. Biaya CLC untuk murid TK dan murid SD usia 10 tahun yaitu Rp182 juta untuk empat tahun atau Rp55 juta per tahun. Sementara itu, murid usia 11-13 dikenakan biaya CLC Rp55 juta per tahun.

2. Binus International School Simprug

Binus International School Simprug menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB). Dikutip dari CNBC, biaya sekolah di Binus International School Simprug terdiri dari yang uang pangkal sebesar Rp144 juta dan uang sekolah sebesar Rp 540 juta hingga kelulusan.

3. Global Jaya School

Global Jaya School menyelenggarakan pendidikan jenjang SD, SMP, dan SMA di kawasan Bintaro, Tangerang. Kurikulum SD di sekolah ini menerapkan kerangka kurikulum internasional Program Tahun Dasar atau Primary Years Programme (PYP).

Biaya sekolah Global Jaya School terdiri dari dua komponen, yaitu Biaya Pendidikan SPP dan Biaya Pengembangan SP. Biaya SPP SD Global Jaya School per tahun ajaran 2018-2019 yaitu Rp29,1 juta per term atau per tiga bulan.

Jika orang tua memilih membayar SPP satu tahun langsung, maka biaya SPP yang dikenakan yaitu Rp106,7 juta per tahun atau dikenakan diskon satu bulan. Biaya SP Global Jaya School terdiri dari dua opsi pembayaran, yaitu SP per tahun Rp23 juta atau SP untuk 6 tahun sebesar Rp98,8 juta.

Di samping dua biaya sekolah ini, murid SD Global Jaya School dikenakan biaya seragam sekitar Rp700 ribu untuk 3 pasang seragam sekolah, satu sweater, dan satu seragam PE (physic education atau seragam olahraga).

Murid SD Global Jaya School juga dikenakan biaya Kegiatan Olahraga dan After School dari penyedia luar tergantung aktivitasnya. Sementara itu, tidak ada biaya tambahan untuk buku pelajaran dan Kegiatan Setelah Sekolah.

4. SD Cikal

Sekolah Cikal didirikan Najelaa Shihab, putri ahli agama Quraish Shihab. Sekolah ini memiliki kurikulum International Baccalaureate (IB). Biaya masuk atau uang pangkal di SD Cikal Cilandak adalah Rp104,3 juta (non-sibling) dan Rp93,9 juta (sibling), seperti dikutip dari Mommies Daily. 

Sementara biaya SPP adalah Rp6 juta per bulan, Rp17,4 juta per 3 bulan, atau Rp65,8 juta per tahun.

5. New Zealand School Jakarta

New Zealand School Jakarta (NZSJ) terletak di Kemang, Jakarta Selatan. Sekolah ini mengadopsi kurikulum Selandia Baru (New Zealand Curriculum, NZC) dan dibuka untuk siswa asal Indonesia dan internasional di Jakarta.

Biaya sekolah New Zealand School Jakarta untuk murid SD kelas 1-6 yaitu Rp195,6 juta per tahun untuk satu kali bayar, Rp203,3 juta per tahun untuk pembayaran per 6 bulan, dan Rp210,9 juta per tahun untuk pembayaran per term, seperti dikutip dari situs resmi NZSJ. Orangtua murid dikenakan biaya pendaftaran murid SD baru sebesar Rp5 juta.

Siswa sekolah NZSJ juga dikenakan Annual Development Levy (ADL), semacam biaya pengembangan tahunan yang dibayarkan untuk satu tahun penuh. ADL dibayarkan secara prorata per tiga bulan apabila siswa bergabung di NZSJ di tengah tahun akademik yang berjalan.

Di samping itu, NZCJ mengenakan biaya bus sekolah, katering atau kantin, seragam sekolah, dan kegiatan setelah sekolah atau perkemahan.

Jadi bagaimana dengan biaya sekolah-sekolah diatas, itu masih SD lho..... 

Sumber : https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5644995/5-sd-dengan-biaya-sekolah-termahal-uang-pangkal-sekolah-sampai-rp144-juta.


Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan berita terupdate tentang guru dan pendidikan) Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments