Mengenal dan Membedakan Istilah Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik Dan Model Dalam Pembelajaran

Mengenal dan Membedakan Istilah Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik Dan Model Dalam Pembelajaran

BlogPendidikan.net
- Anda sering bahkan setiap hari mendengar istilah-istilah Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik Dan Model dalam proses pembelajaran. Seorang guru tentunya sudah tidak asing dengan istilah-istilah tersebut, karena dalam proses pembelajaran pasti Anda menerapkan istilah tersebut dalam proses pembelajaran.

Tentunya harus mengetahui dan paham betul dari istilah-istilah itu agar tidak salah menafsirkan dan mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran di kelas. ''bagaimana membedakan antara metode dan model pembelajaran" pertanyaan itu terkadang ada terucap dari rekan sejawat guru, bahkan banyak yang salah menafsirkan antara "metode dan model pembelajaran."


Berikut akan dijelaskan secara ringkas tentang perbedaan pendekatan, strategi, metode, teknik dan model yang dilakukan dalam proses pembelajaran agar lebih mengenal dan memahami masing-masing istilah tersebut.

Pendekatan Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari pendekatannya, terdapat dua jenis pendekatan pembelajaran, yaitu:

1. pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach)
2. pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).

Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Artinya, bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran. Dilihat dari strateginya, pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian pula, yaitu:

1. Exposition discovery learning (Pembelajaran penemuan)
2. Group individual learning (Pembelajaran individu dan kelompok)


Ditinjau dari cara penyajian dan cara pengolahannya, strategi pembelajaran dapat dibedakan antara strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif. Contoh dari strategi pembelajaran adalah strategi cooperative learning dan strategi active learning.

Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya: Ceramah, Demonstrasi, Diskusi, Simulasi, Laboratorium, Debat dan lain sebagainya.

Dapat pula dikatakan bahwa metode adalah prosedur pembelajaran yang difokuskan ke pencapaian tujuan.

Teknik Pembelajaran

Selanjutnya metode pembelajaran dijabarkan ke dalam teknik dan gaya pembelajaran. Dengan demikian, teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang guru dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas. 


Demikian pula, dengan penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif. Dalam hal ini, guru pun dapat berganti-ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama.

Demikian penjelasan yang sangat singkat ini semoga bisa memberi pemehaman tentang perbedaan pendekatan, strategi, metode, teknik dan model dalam proses pembelajaran. Ohhh.. iya jika tulisan ini bermanfaat jangan lupa berbagi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments