Sepintas Memiliki Arti Yang Sama Alat Peraga dan Media Pembelajaran Namun Berbeda

Sepintas Memiliki Arti Yang Sama Alat Peraga dan Media Pembelajaran Namun Berbeda

BlogPendidikan.net
- Iya sih, sesuai judul diatas, kalau didengar sepintas antara alat peraga dan media pembelajaran itu memiliki arti yang sama, tapi ternyata tidak. Bagaimana perbedanaannya dan fungsinya dari kedua istilah tersebut! 

Alat Peraga Pembelajaran

Alat peraga merupakan suatu perangkat benda yang dirancang, dibuat dihimpun atau disusun secara sengaja yang digunakan untuk membantu menanamkan atau mengembangkan konsep-konsep atau prinsip-prinsip pembelajaran.

Kata kunci dalam memahami alat peraga dalam konteks pembelajaran adalah Nilai Manfaat, dalam arti segala sesuatu  alat yang dapat menunjang keefektifan dan efesiensi penyampaian, pengembangan dan pemahaman informasi atau pesan pembelajaran.  Ada istilah lain dari alat  peraga ini, diantaranya sering disebut sebagai sarana belajar.

Media Pembelajaran

Media pembelajaran adalah sarana untuk memberikan perangsang bagi si belajar supaya proses belajar terjadi (Brigg). Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan di pelajar, sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang disengaja, bertujuan dan terkendali (Miarso, 2005:458).

Lantas Dimana perbedaan Alat peraga dan media Pembelajaran

Perbedaan media dan alat peraga terletak pada fungsinya suatu sumber belajar dikatakan alat peraga bila fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran saja dan sumber belajar disebut media bila merupakan bagian integrasi dari seluruh proses dan kegiatan.

Sebagai ilustrasi, misalnya Pak Budi akan mengajarkan bagaimana gambar dalam televisi  bisa terlihat di layar, maka Pak Budi membawa televisi ke kelas, kemudian ia membukanya di depan kelas, kemudian menjelaskan satu persatu fungsi dari masing-masing komponen televisi tersebut kepada siswa sehingga siswa memahami kenapa gambar terlihat pada layar televisi. 

Dalam ilustrasi tersebut kedudukan televisi adalah sebagai alat peraga , bukan sebagai media.

Itu dia, kelihatan memiliki makna yang sama antara media dan alat peraga pembelajaran tetapi berbeda, semoga tulisan singkat ini bermanfaat. jangan lupa berbagi yah.....

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments