Langkah-langkah Pembelajaran Cotextual Teaching and Learning (CTL)

Langkah-langkah Pembelajaran Cotextual Teaching and Learning (CTL)

BlogPendidikan.net
- Cotextual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka.

Konsep tersebut menegaskan bahwa ada tiga hal yang harus dipahami. Pertama, CTL menekankan pada proses keterlibatan siswa untuk menemukan materi, artinya proses belajar diorientasikan pada proses pengalaman secara langsung. Kedua, CTL mendorong agar siswa dapat menemukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata. Ketiga, CTL mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan.

Karakteristik proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan CTL adalah sebagai berikut:
  1. Dalam CTL, pembelajaran merupakan proses pengaktifan pengetahuan yang sudah ada (activiting Knowledge), artinya apa yang akan dipelajari tidak terlepas dari pengetahuan yang akan diperoleh siswa adalah pengetahuan yang utuh yang memiliki keterkaitan satu sama lain.
  2. Pembelajaran yang kontekstual adalah belajar dalam rangka memperoleh dan menambah pengetahuan baru (acquiring knowledge). Pengetahuan baru itu dapat diperoleh dengan cara dedukatif, artinya pembelajaran dimulai denagan mempelajari secara keseluruhan, kemudian memerhatikan detailnya.
  3. Pemahaman pengetahuan (understanding knowledge), artinya pengetahuan yang diperoleh bukan untuk dihapal tetapi untuk dipahami dan diyakini, misalnya dengan cara meminta tanggapan dari yang lain tentang pengetahuan yang diperolehnya dan berdasarkan tanggapan tersebut baru pengetahuan itu dikembangkan.
  4. Mempraktikkan pengetahuan dan pengalaman tersebut (applying knowledge), artinya pengetahuan dan pengalaman yang diperolehnya harus dapat diaplikasikan dalam kehidupan siswa, sehingga tampak perubahan perilaku siswa
  5. Melakukan refleksi (reflecting knowledge), terhadap strategi pengembangan pengetahuan. Hal ini dilakukan sebagai umpan balik untuk proses perbaikan dan penyempurnaan strategi.
Berikut langkah-langkah pembelajaran Cotextual Teaching and Learning (CTL) di bawah ini:

1. Pendahuluan

a. Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapi serta manfaat dari proses pembelajaran dan pentingnya materi pelajaran yang akan dipelajari.
b. Guru menjelaskan prosedur pembelajaran CTL.
a) Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok sesuai dengan jumlah siswa;
b) Tiap kelompok ditugaskan untuk melakukan observasi; misalnya kelompok 1 dan 2 melakukan observasi ke pasar tradisional, dan kelompok 3 dan 4 melakukan observasi ke pasar swalayan;
c) Melalui observasi siswa ditugaskan untuk mencatat berbagai hal yang ditemukan di pasar-pasar tersebut.
d) Guru melakukan tanya jawab sekitar tugas yang harus dikerjakan oleh setiap siswa

2. Kegiatan Inti

1. Siswa melakukan obsevasi kepasar sesuai dengan pembagian tugas kelompok.

2. Siswa mencatat hal-hal yang mereka temukan di pasar sesuai dengan alat observasi yang telah mereka temukan sebelumnya di dalam kelas.

3. Siswa mendiskusikan hasil temuan mereka sesuai dengan kelompoknya masing-masing

4. Siswa melaporkan hasil diskusi.

5. Setiap kelompok menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh kelompok yang lain

3. Penutup

1. Dengan bantuan guru siswa menyimpulkan hasil observasi sekitar masalah pasar sesuai dengan indikator hasil belajar yang harus dicapai.

2. Guru menugaskan siswa untuk membuat karangan tentang pengalaman belajar mereka dengan tema “pasar”.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments