7 Kiat Bagi Guru Mengajar di Tahun Ajaran Baru

7 Kiat Bagi Guru Mengajar di Tahun Ajaran Baru

BlogPendidikan.net
- Ujian kenaikan kelas telah selesai dan tentunya para siswa sudah menerima hasil selama setahun pelajaran dengan keterangan NAIK KE Kelas .... Gurupun juga tengah disibukkan mempersiapkan diri menyambut tahun ajaran baru 2021/2022.

Mulai sekarang guru mempersiapkan segala kelengkapan untuk memulai tahun ajaran baru. 

Persiapan-persiapan apa saja yang harus di siapkan oleh guru ditahun ajaran baru :

1. Persiapan Terhadap Siswa, Mengenal dan Mencari Tahu Informasinya

Sebelum Bapak/Ibu Guru bertemu dengan para siswanya untuk  memulai kelas belajar mengajar pertama, Bapak/Ibu Guru perlu mengenal setiap siswa dalam kelas secara individu. Memang, proses mengenal para siswa akan berjalan terus sepanjang tahun ajaran, tapi akan lebih baik lagi jika Bapak/Ibu bisa memulainya sejak tahun ajaran dimulai.


Pada dasarnya, guru memang harus mengenali seluruh siswanya agar tidak dinilai “pilih kasih”. Jangan sampai sebagai guru hanya mengenal beberapa siswanya saja, sehingga ketika sedang mengajar di dalam kelas, guru selalu memeriksa ke meja murid yang itu-itu saja.

2. Mempersiapkan Ruang Kelas

Mempersiapkan ruang kelas yang nyaman dan menata posisi tempat duduk sesuai kapasitas siswa dan klasifikasi siswa. Ini sangat penting mengatur tempat duduk membagi siswa berdasarkan tempat duduk yang sesuai dengan aturan penempatan siswa di kelas.

3. Mempersiapkan Rencana Pembelajaran

Guru yang baik adalah guru yang mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum ia mengajar. RPP ini berfungsi sebagai skenario proses pembelajaran agar lebih mempermudah, dan menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih terarah pada tujuan pembelajaran.


4. Menentukan Metode Mengajar dan Media Mengajar

Dalam pemilihan metode mengajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu anak didik, tujuan, situasi, fasilitas dan guru. Karena itu, guru harus kreatif dalam pemilihan metode yang tepat dalam setiap kegiatan belajar mengajar. Begitupun media pembelajaran yang akan digunakn harus searah dengan metode yang digunakan.

5. Mempersiapkan Materi Yang Akan Diajarkan

Apa yang ingin diajarkan ke para siswa di hari-hari pertama tahun ajaran baru? Mempersiapkan bahan ajar adalah hal penting kedua yang perlu dilakukan oleh Bapak/Ibu Guru. Setiap bahan ajar biasanya terdiri dari materi pembelajaran, latihan, kuis, hingga konsep PR bagi para siswa.

Bahan ajar yang baik adalah yang dibuat oleh Bapak/Ibu Guru sendiri. Buatlah semacam rangkuman materi pembelajaran setiap mata pelajaran yang akan diajarkan selama sepekan atau bahkan satu semester. Rangkuman itulah yang nanti bisa diajarkan ke para siswa. 

6. Mempersiapkan Tujuan Pembelajaran Yang Ingin Dicapai

Perumusan tujuan pembelajaran pada umumnya dikelompokkan ke dalam tiga kategori, yakni domain kognitif, afektif dan psikomotor. Domain kognitif mencakup tujuan yang berhubungan dengan ingatan, pengetahuan dan kemampuan intelektual. Domain afektif mencakup tujuan-tujuan yang berhubungan dengan perubahan-perubahan sikap, nilai, perasaan dan minat. Domain psikomotor mencakup tujuan-tujuan yang berhubungan dengan manipulasi dan kemampuan gerak (motor).

Merumuskan tujuan pembelajaran bukan sekedar membuat suatu tujuan. Tetapi harus dirumuskan berdasarkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Selain itu, tujuan pembelajaran dijabarkan dari kompetensi dasar yang terdapat dalam kurikulum. Tujuan pembelajaran ini sudah termasuk dalam tujuan di RPP. 

7. Mempersiapkan Teknik-teknik Evaluasi Mengajar

Hendaklah guru merancang teknik-teknik evaluasi bagaimana yang akan diterapkan pasa siswa, mempersiapkan evaluasi dan penilaian sebelum proses pembelajaran adalah hal yang penting. Evaluasi ini berguna untuk mengukur kedalaman pengetahuan siswa dalam pemahaman terhadap materi yang diajarkan. Evaluasi ini bisa berbentuk pertanyaan-pertanyaan lisan atau tertulis. Setelah proses evaluasi selesai, guru harus melakukan proses penilaian. Penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses belajar mengajar. Penilaian bertujuan untuk memberikan umpan balik bagi guru dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar maupun bagi siswa sendiri dan orang tua siswa, penilaian bermanfaat untuk mengetahui kemajuan belajar siswa.

Sekarang sudah memasuki tahun ajaran baru, tentunya segala hal suda dipersiapkan baik kelengkapan siswa dan guru. Semoga kiat ini bermanfaat buat Bapak dan Ibu Guru.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments