Jurusan Yang Disebut Gajinya Lebih Kecil Dari Ojol dan Kasir Minimarket, Mari Mengenal PGSD

Jurusan Yang Disebut Gajinya Lebih Kecil Dari Ojol dan Kasir Minimarket, Mari Mengenal PGSD

BlogPendidikan.net
- Baru-baru ini viral sebuah cuitan yang merendahkan profesi guru yang menyebutkan karena jurusan kuliahnya PGSD gajinya lebih kecil dari ojol dan kasir minimarket. Dalam unggahanya yang dibagikan melalui media sosial mengatakan bahwa lulusan PGSD nantinya akan sia-sia karena mendapat gaji yang lebih rendah dari tukang ojek online dan kasir minimarket.

Ungggahan viral tersebut diawali dari seorang calon mahasiswa yang merasa senang karena diterima di sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berkat hasilnya di SBMPTN. Namun dirinya menjadi tidak percaya diri setelah melihat penyataan temannya dalam sebuah status WhatsApp yang mengatakan bahwa lulusan PGSD yakni guru lebih hina dari ojol dan minimarket karena pendapatannya yang sangat kecil.

"PTN! Alhamdulillah aku dapet lolos sbm pil 2 PGSD di salah satu PTN. Tapi temen sekelas aku bikin sw gini dan bikin aku insecure," katanya.

Mari Mengenal Jurusan PGSD Lebih Dekat

Dikutip dari laman digstraksi.com menjelaskan, jurusan PGSD mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi calon guru sekolah dasar (SD). Jurusan PGSD ini menjadi favorit bagi siswa SMA yang ingin terjun ke dunia pendidikan.

Di jurusan PGSD, anda bakal mempelajari semua materi pelajaran sekolah dasar seperti Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPS, IPA, Pkn, Kesenian, dan sebagainnya. Selain pemahaman akademis, anda juga dituntut untuk memahami karakter dan pengembangan kepribadian seperti sikap santun, disiplin, pintar, dan berjiwa sosial.

Nantinya anda akan bertanggung jawab membangun kepribadian siswa sejak dini. Setelah menjadi guru, anda akan memberikan pondasi ilmu yang berguna sehingga siswa siap untuk menapaki jenjang pendidikan selanjutnya.

Bagaimana Prospek Kerjanya?

Dikutip dari laman resmi Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ, melalui detik.com, sarjana PGSD memiliki banyak keahlian dalam dunia kerja, yakni sebagai berikut
  • Tenaga Pendidik di SD yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan berdasar keilmuan, berkarakter, inovatif, dan memiliki wawasan luas yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
  • Peneliti Pemula yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran, serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
  • Praktisi Pendidikan di SD yang berperan sebagai pembimbing, pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, pengembang media dan sumber belajar serta pendidik di jalur non formal setara sekolah dasar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments