Menentukan Strategi dan Metode Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan PJJ

Menentukan Strategi dan Metode Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan PJJ
Image Source : teknologi.bisnis.com

BlogPendidikan.net - Seperti di daerah Samarinda Kalimantan timur, ada 84 sekolah bersiap melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas (PTM) pada Juli 2021 mendatang. Dinas Pendidikan daerah setempat tengah mempersiapkan pembukaan sekolah, terutama strategi dan metode yang akan di terapkan pada PTM tersebut. Dan harus mengacu pada SKB 4 Menteri.

Sesuai dengan SKB 4 Menteri, orang tua/wali diberi kebebasan untuk memilih apakah menyetujui peserta didik untuk melakukan pembelajaran tatap muka terbatas (PTM Terbatas) atau tetap melanjutkan pembelajaran secara jarak jauh (PJJ). 

Jika semua orang tua mengizinkan peserta didiknya mengikuti PTM Terbatas, kepala satuan pendidikan menentukan strategi pembelajaran campuran. Sebaliknya, jika ada orang tua/wali yang tidak mengizinkan peserta didik mengikuti PTM Terbatas, kepala satuan pendidikan menyediakan pilihan pembelajaran jarak jauh.


Bagaimana menentukan strategi dan metode Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTM Terbatas) dan PJJ agar dalam strategi pembelajaran campuran berjalan secara bersamaan tidak ada kendala. 

Berikut strategi dan metode Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTM Terbatas) dan PJJ dalam pembelajaran campuran :

Strategi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTM Terbatas)

1. Praktik: Menerapkan suatu pemahaman dalam bentuk tindakan nyata untuk mengembangkan kompetensi peserta didik.
2. Diskusi: Mencari solusi atau jawaban terhadap suatu pertanyaan yang diberikan dalam kelompok untuk mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik.
3. Refleksi: Mengenali, menandai dan menilai upaya dan capaian belajar yang telah dicapai untuk menentukan langkah perbaikan/pengembangan selanjutnya. Refleksi bisa dilakukan dalam antar peserta didik berpasangan, berkelompok, maupun bersama dalam kelas.
4. Umpan Balik: Memberikan umpan balik terhadap hasil pengerjaan tugas peserta didik dengan tujuan peserta didik mengetahui bagian mana yang sudah dikerjakan dengan tepat dan bagian mana yang masih perlu diperbaiki.


Strategi Pembelajaran Jarak Jauh  (PJJ)

1. Teknologi pembelajaran:Penggunaan teknologi sistematis dan kompleks dalam mengelola pembelajaran yang sering kali membutuhkan perangkat dan sumber daya tertentu.
2. Teknologi interaktif: Penggunaan teknologi untuk memfasilitasi pembelajaran jarak jauh terutama dalam mengembangkan interaksi guru dan peserta didik.
3. Teknologi komunikasi satu arah (radio & televisi): Penggunaan teknologi yang cenderung satu arah sebagai media belajar bagi peserta didik.
4. Guru kunjung: Penggunaan teknologi yang paling lemah di mana guru mengunjungi rumah atau lokasi di tempat tinggal peserta didik untuk memandu pembelajaran.

Metode dan Model Pembelajaran PTM Terbatas dan PJJ

Metode Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTM Terbatas) dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) lebih disarankan kepada Bapak dan Ibu guru menerapkan metode atau model campuran yakni blended learning dengan metode penerapannya flipped classroom. Bisa menggabungkan proses pembelajaran PTM dan PJJ.

Kemudian, soal model pembelajaran pada PTM Terbatas. Guru bisa menggabungkan keunggulan dan pengalaman pembelajaran daring yang telah dialami siswa dengan pembelajaran tatap muka yang mau dibuat. Jadi, guru menyampaikan materi pelajaran secara tatap muka, sekaligus memanfaatkan aplikasi belajar melalui jaringan internet.

Untuk lebih memahami dalam menerapkan metode tersebut Anda bisa membacanya pada link berikut :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments