Apa Saja Kelengkapan Administrasi Guru Yang Harus Disiapkan, Lihat Contohnya

Apa Saja Kelengkapan Administrasi Guru Yang Harus Disiapkan, Lihat Contohnya

BlogPendidikan.net
- Secara harfiah, pengertian administrasi kelas diambil dari kata administrasi yang memiliki arti melayani, mengarahkan, mengatur, atau membantu. Sementara itu, kelas adalah tempat atau kelompok belajar di mana peserta didik atau siswa-siswi belajar di sekolah.

Sehingga pengertian administrasi kelas secara umum adalah pegangan yang digunakan oleh guru selama mengajar di dalam kelas sebagai bagian dari perangkat pengajar. Guru membutuhkan administrasi kelas sebagai dasar untuk merancang program pembelajaran dan kegiatan belajar mengajar.


Perlu disadari bahwa tugas guru tidak hanya sebagai pengajar yang berdiri di depan kelas dan memberikan materi. Lebih dari itu guru yang profesional juga mengurus hal-hal yang berkaitan dengan administrasi kelas dan sekolah.

Jika dahulu guru hanya berkewajiban mengajar dan mendidik anak-anak didiknya sehingga dapat lulus saat ujian namun tidak dengan kondisi saat ini yang mengharuskan guru memiliki kelengkapan administrasi guru untuk memenuhi tuntutan yang diberlakukan dalam undang-undang.

Administrasi guru bermanfaat untuk guru itu sendiri. Sesuai dengan fungsi dan tugas pokok seorang guru yakni merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik. Maka kelengkapan administrasi guru ini diperlukan guna memenuhi funsi dan tugas pokok guru tersebut. 


Berikut Dokumentasi administrasi yang harus dimiliki guru dalam proses pembelajaran terdiri dari :

Perencanaan

Administrasi perencanaan meliputi penyiapan perangkat pembelajaran yaitu:

* Kalender pendidikan
* Rincian Minggu efektif
* Pengembangan Silabus
* Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar (SK dan KD)
* Program Tahunan
* Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
* Program Semester
* Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
* Instrumen penilaian, yang meliputi
* Kisi-kisi soal
* Bank soal
* Pedoman penskoran
* Kunci jawaban

Pelaksanaan Pembelajaran

Administrasi pelaksanaan pembelajaran guru meliputi:

* Agenda guru (jurnal mengajar)
* Daftar kehadiran siswa
* Jurnal kelas
* Buku pegangan guru
* Buku siswa

Penilaian

Administrasi penilaian meliputi:

* Daftar nilai yang berisi nilai tugas, nilai ulangan (harian, mid-semester, dan semester), nilai tugas terstruktur, dan nilai tugas tak terstruktur
* Analisis hasil penilaian
* Program remedial
* Program pengayaan

Untuk lebih jelasnya siahkan lihat dan unduh contoh kelengkapan administrasi guru >>> LIHAT DISINI (PDF) LIHAT DISINI (doc)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments