Cara Mengatasi Kesulitan Menulis Siswa Melalui 3 Metode Khusus

Cara Mengatasi Kesulitan Menulis Siswa Melalui 3 Metode Khusus

BlogPendidikan.net
- Terkadang di dalam kelas ada saja guru menemui anak yang kemampuannya kurang dari teman-teman lainnya, salah satunya kesulitan dalam menulis. Apalagi menjelang tahun ajaran baru, pera guru suda sibuk mengetes siswa/siswinya mulai dari membaca, menulis dan menghitung. 

Tapi yang lebih mendasar yaitu kesulitan siswa dalam menulis. Ada siswa yang bisa membaca tapi kesulitan dalam merangkai huruf menjadi tulisan.

Peran guru dalam mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam belajar adalah memberikan pelatihan dan perhatian kepada peserta didik. 

Memberikan peningkatan motivasi belajar kepada siswa secara konsisten dan kontinu, merupakan suatu usaha yang harus dilakukan guru kepada siswanya agar siswanya dapat termotivasi untuk lebih giat dalam belajar dan mengikuti pelajaran. 

Selain itu cara guru juga dalam menerapkan metode pembelajaran khususnya kelas rendah kelas satu, metodenya harus benar-benar tepat dan khusus diterapkan pada siswa yang kesulitan dalam menulis. 

Adapun metode-metode pembelajaran tersebut adalah :

1. Metode Struktural Analitik Sintetik(SAS) 

Pembelajarannya dimulai dengan struktur kalimat secara utuh dahulu. Hal inilah yang menjadi landasan utama metode ini, kalimat utuh itu kemudian dianalisis menjadi huruf atau bunyi. Bunyi disintesiskan menjadi suku kata. Suku kata disintesiskan menjadi kata. Kata disintesiskan menjadi kalimat kembali bentuk semula.

2. Metode Kupas Rangkai Suku Kata (KRSK) 

adalah metode yang mendasarkan kepada pendekatan harfiah. Guru mengajarkan menulis dimulai dengan mengenalkan huruf-huruf yang dirangkaikan menjadi suku kata kemudian menjadi kata. Langkah-langkah dimulai dari guru mengenalkan huruf lepas, kemudian merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata. Lalu, merangkaikan suku kata menjadi kata.

3. Metode Abjad disebut juga metode sintesis

Mempelajari aksara dengan cara merangkai huruf-huruf yang dilafalkan dalam abjad. Langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran menulis permulaan dengan metode abjad sebagai berikut:

1) Guru mengenalkan bentuk huruf dari “a” sampai “z” satu per satu.
2) Guru secara berulang-ulang menuliskan abjad secara berurutan sampai siswa mengenal abjad demi abjad.
3) Setelah siswa mengenal semua abjad tersebut, kemudian guru merangkaikannya menjadi suku kata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments