Begini Cara Menghitung Daya Serap dan Taraf Serap Siswa Serta Target Kurikulum

Begini Cara Menghitung Daya Serap dan Taraf Serap Siswa Serta Target Kurikulum

BlogPendidikan.net
- Setiap akhir proses pembelajaran pada akhir semester. Target Kurikulum (TK), Daya Serap (DS), dan Taraf Serap (TS) biasanya dilaporkan kepada kepala sekolah bersamaan saat pelaporan hasil akhir belajar siswa (rapor) selesai diolah. 
Rekapitulasi ini berfungsi untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian proses pembelajaran yang diselenggarakan oleh guru terhadap siswanya selama satu semester.

Tentang Daya Serap Siswa
 
Daya serap adalah kemampuan atau kekuatan untuk melakukan sesuatu untuk bertindak dalam menyerap pembelajaran.

Daya serap berasal dari kata “daya” yang berarti kekuatan, kemampuan, dan “serap” yang berarti mengambil. Jadi daya serap dapat dikatakan sebagai suatu kemampuan untuk menangkap dan memahami sebuah materi hingga peserta didik dapat menjabarkan kembali materi yang diterima dengan benar. 

Dan daya serap menjadi tolak ukur untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran yang diajarkan oleh seorang guru dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Fungsi Daya Serap Siswa dalam Belajar

Daya serap merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi usaha yang dilakukan seseorang. Daya serap yang kuat atau tinggi akan menimbulkan usaha yang mudah dan tidak sulit dalam menghadapi masalah atau problem. Jika seorang siswa memiliki daya serap tinggi terhadap mata pelajaran yang disampaikan oleh gur maka dengan cepat ia dapat mengerti, memahami dan mengingatnya. 

Abdul Wahid menulis tentang fungsi daya serap bagi anak sebagai berikut :
  1. Daya serap dapat meningkatkan wawasan dan pola pikir anak.
  2. Daya serap sebagai tenaga pendorong yang kuat.
  3. Prestasi selalu dipengaruhi daya serap yang tinggi.
  4. Daya serap dapat meningkatkan minat belajar.
  5. Untuk memahami, menyerap atau menguasai materi yang dipelajarinya sesuai dengan bahan mata pelajaran yang diajarkan gurunya dalam proses kegiatan belajar mengajar.
  6. Untuk meningkatkan kualitas belajar siswa.
Kurikulum

Kurikulum adalah alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Jadi kurikulum itu merupakan program pendidikan bukan program pengajaran, maksudnya program yang direncanakan, diprogramkan dan dirancangkan yang isinya dengan berbagai bahan ajar dan pengalaman  belajar baik yang berasal dari waktu yang lalu, sekarang maupun mendatang.

Jadi, kurikulum merupakan sutau program pendidikan yang berisikan berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar yang diprogramkan, direncanakan dan dirancang secara sistematik atas dasar norma-norma yang berlaku yang dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran bagi tenaga kependidikan dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.

Cara Menghitung Daya Serap dan Taraf Serap Siswa Serta Target Kurilkulum

Pada artikel berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menghitung Daya Serap dan Taraf Serap Siswa Serta Target Kurikulum. Semua akan dijelaskan melalui lembaran PDF yang bisa Anda unduh pada tautan diakhir tulisan ini. 

Daya Serap dan Taraf Serap Siswa Serta Target Kurikulum sangat berguna untuk guru dan sekolah sebagai bahan record selama satu semester dan satu tahun pelajaran untuk melakukan rancangan evaluasi terhadap Daya Serap dan Taraf Serap Siswa Serta Target Kurikulum, sampai sejauh mana pencapaian pembelajaran selama satu semester dan satu tahun pelajaran.

Untuk lebih memahami BlogPendidikan akan berbagi Cara Menghitung Daya Serap dan Taraf Serap Siswa Serta Target Kurikulum serta contoh formatnya.

Cara Menghitung Daya Serap dan Taraf Serap Siswa Serta Target Kurikulum : UNDUH
Contoh Format Daya Serap Siswa : UNDUH
Contoh Format Taraf Serap Siswa : UNDUH

Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan berita terupdate tentang guru dan pendidikan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments