Tips dan Langkah-langkah Menyusun Soal HOTS

Tips dan Langkah-langkah Menyusun Soal HOTS

BlogPendidikan.net
- Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar peserta didik dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Guru profesional adalah guru yang kompeten dalam membangun dan mengembangkan proses pembelajaran yang baik dan efektif sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang pintar dan pendidikan yang berkualitas. 

Hal tersebut menjadikan kualitas pembelajaran sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama menyangkut kualitas lulusan peserta didik.

Tentang HOTS (Higher Order Thinking Skills)

Berpikir merupakan suatu kegiatan mental yang terjadi ketika seseorang dihadapkan pada situasi atau suatu permasalahan yang harus diselesaikan. Kegiatan mental atau kegiatan berpikir yang terjadi dapat berbeda-beda tingkatannya tergantung pada situasi atau kompleksitas masalah yang dihadapi. Suatu masalah mungkin dapat diselesaikan dengan tingkat berpikir yang lebih rendah seperti mengingat dan memahami. 

Masalah lain yang lebih kompleks memerlukan keterampilan berpikir yang lebih tinggi, seperti menganalisis dan mengevaluasi. cakupan berpikir tingkat tinggi cukup luas dan level proses berpikir dapat dikategorikan sampai 6 level seperti Taxonomy Bloom. Untuk kepentingan penilaian tingkat nasional, dengan prinsip bermanfaat dan sederhana, 

Pusat Penilaian Pendidikan mengkategorikan proses berpikir menjadi 3 level kognitif, yakni :

Level 1 (Pengetahuan dan Pemahaman)

Mengukur kemampuan untuk mengingat dan memahami pengetahuan yang telah dipelajari.

Level 2 (Aplikasi)

Mengukur kemampuan menerapkan pengetahuan dalam konteks atau situasi yang familier atau rutin.

Level 3 (Penalaran)

Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, yang tidak hanya sekedar mengingat dan memahami. Proses berpikir yang termasuk dalam level ini seperti menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi, berpikir logis, berpikir kritis, berpikir kreatif, menyelesaikan masalah pada konteks baru atau non rutin.

Langkah-langkah penyusunan soal HOTS :

1. Menentukan kompetensi dasar dan materi yang akan dinilai

Pendidik harus menganalisis proses kognitif, dimensi pengetahuan, dan materi pada kompetensi dasar dalam kurikulum yang memungkinkan dapat dibuatkan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi.

2.Menyusun kisi-kisi

Pendidik harus memastikan seluruh komponen yang terdapat dalam kisi-kisi konsisten, selaras, dan dapat dibuatkan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi.

3.Merumuskan indikator soal

Untuk menghasilkan soal yang mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi, rumusan indikator perlu memenuhi prinsip penilaian pada keterampilan ini yaitu perlunya stimulus, konteks baru, dan proses berpikir tingkat tinggi. 

Konteks stimulus disarankan berkenaan dengan kehidupan nyata sehari-hari dan sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif peserta didik. Stimulus yang kontekstual akan memudahkan peserta didik untuk mentransfer hal-hal yang telah dipelajari sehingga timbul sikap positif dan mengapreasiasikan hal-hal yang telah dipelajari. 

Stimulus dengan konteks yang tidak sesuai dengan perkembangan peserta didik akan sulit dicerna sehingga tidak mendukung berkembangnya keterampilan berpikir tingkat tinggi.

4. Menulis soal sesuai dengan kaidah penulisan soal

Untuk memastikan kualitas soal sehingga memberi informasi yang valid, soal perlu memenuhi kaidah penulisan soal dari aspek konstruksi, substansi, dan bahasa. Prinsip ini sama dengan prinsip penulisan soal secara umum.

Aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah isu sensitif. Soal hendaknya tidak menyinggung suku, agama, ras, antar golongan, dan tidak mengandung unsur pornografi, politik praktis, kekerasan, dan komersialisasi produk.

5. Membuat pedoman penskoran (rubrik) atau kunci jawaban

Setiap butir soal HOTS yang ditulis hendaknya dilengkapi dengan pedoman penskoran atau kunci jawaban. Pedoman penskoran dibuat untuk bentuk soal uraian. Sedangkan kunci jawaban dibuat untuk bentuk soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks (benar/salah, ya/tidak), dan isian singkat.

Berikut beberapa tips singkat dalam penyusunan soal HOTS :
  1. Soal HOT dapat dibuat dengan memodifikasi soal biasa/rutin untuk kemudian di ‘hots’kan
  2. Soal HOT biasanya menggunakan Stimulus. 
  3. Stimulus bersifat kontekstual yaitu berasal dari situasi/kehidupan nyata yang menarik dan berfungsi jelas. 
  4. Stimulus dapat berupa gambar untuk analisa visual. 
  5. Soal HOT bisa dibuat dengan membuat pertanyaan dengan jawaban terbuka.
  6. Soal HOT bisa dibuat dengan menanyakan alasan jawaban. 
  7. Soal HOT bisa dibuat dengan menanyakan cara menemukan jawaban.
  8. Soal HOT bisa menggunakan berbagai bentuk soal ya/tidak atau benar/salah atau pilihan ganda.
  9. Soal HOT bisa dibuat dengan menggunakan kalimat pertanyaan yang mendorong analisis.
  10. Soal HOT bisa dibuat dengan menggunakan kalimat pertanyaan yang mendorong evaluasi.
  11. Soal HOT bisa dibuat dengan menggunakan kalimat pertanyaan yang mendorong kreativitas.
  12. Soal HOT dengan mencontoh soal TIMSS (Trends in international mathematics and science study).
  13. Soal HOT dengan mencontoh soal PISA (Programme for International Student Assessment).
  14. Soal HOT berupa soal problem solving, yaitu soal yang cara penyelesaian tidak rutin, termasuk teka-teki.
Untuk lebih lengkapnya Anda bisa mendownload panduan dan langkah-langkah penyusunan soal HOTS juga beberapa tips yang bisa menjadi referensi dalam penyusunan soal HOTS.

Panduan dan Langkah-langkah menyususn soal HOTS : DISINI
Penilaian Berorientasi HOTS : DISINI
Tips menyusun soal HOTS : DISINI

Rujukan :

Tips dan langkah-langkah penyusunan soal HOTS. Oleh : Niken Eka Priyani, S.Pd

Panduan Penulisan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) : Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud. Tahun 2019

Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills : Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tahun 2019

Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan berita terupdate tentang guru dan pendidikan) Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments