Format Analisis Keterkaitan SKL, KI dan KD Kurikulum 2013

Format Analisis Keterkaitan SKL, KI dan KD Kurikulum 2013

BlogPendidikan.net
- Analisis SKL, KI dan KD merupakan titik awal perencanaan pembelajaran. Perlu dipahami kerangka berpikir terkait analisis SKL, KI dan KD ini agar pembelajaran yang disajikan berjalan sesuai skema besar pencapaian Standar Kompetensi Lulusan Kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 diterapkan bukan sekedar update pengetahuan dan keterampilan saja. Kurikulum 2013 diterapkan untuk menyiapkan siswa agar memiliki kompetensi baik sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan agar nantinya unggul dalam persaingan global abad 21 ini.

Pengertian Analisis SKL, KI dan KD

Analisis SKL, KI dan KD ialah kegiatan menguraikan keterkaitan SKL, KI dan KD atas berbagai bagiannya, menelaah bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk memperoleh berbagai informasi pedagogis yang berguna untuk membuat perencanaan pembelajaran yang benar.

Analisis SKL, KI dan KD menjabarkan komponen SKL (Standar Kompetensi Lulusan), KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) baik KD Pengetahuan maupun KD Keterampilan. Selain aktifitas menjabarkan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, Analisis SKL, KI dan KD juga menjabarkan hubungan dan keterkaitan antar komponen yang di analisis tersebut.

Bahwa silabus dan RPP adalah dokumen yang diturunkan dari Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar sendiri diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SD/MI-SMP/MTs dst).

Agar silabus dan RPP yang dikembangkan benar-benar akurat mengeksekusi keinginan Standar Kompetensi Lulusan, maka perlu ada jaminan linieritas Kompetensi Dasar KD terhadap SKL nya. Analisis SKL KI KD inilah penjamin linieritas silabus dan RPP terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

SKL adalah profil kompetensi lulusan yang akan dicapai oleh peserta didik setelah mempelajari semua mata pelajaran pada jenjang tertentu yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai SKL yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi dasar pengembangan KD. KI mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau program dalam mencapai SKL.

Kompetensi Dasar adalah kemampuan yang menjadi syarat untuk menguasai Kompetensi Inti yang harus dicapai peserta didik melalui proses pembelajaran. Kompetensi Dasar merupakan tingkat kemampuan dalam konteks muatan pembelajaran serta perkembangan belajar yang mengacu pada Kompetensi Inti dan dikembangkan berdasarkan taksonomi hasil belajar.

Berikut contoh Format Analisis Keterkaitan SKL, KI dan KD Kurikulum 2013, bisa Anda unduh pada tautan dibawah ini.

Format Analisis Keterkaitan SKL, KI dan KD Kurikulum 2013 : (file 1) UNDUH (file 2) UNDUH 

Format Analisis Keterkaitan SKL, KI dan KD Kurikulum 2013 : (file 1) UNDUH (file 2) UNDUH

Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan berita terupdate tentang guru dan pendidikan) Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments