Jurnal Harian dan Jurnal Guru Mengajar Kelas 3 dan 6 SD

Jurnal Harian dan Jurnal Guru Mengajar Kelas 3 dan 6 SD

BlogPendidikan.net
- Jurnal mengajar guru biasanya hanya memuat informasi yang menguntungkan guru semata, karena jurnal mengajarnya hanya memuat informasi tentang kemajuan belajar mengajar guru. 

Isi jurnal mengajar yang dimiliki guru umumnya berbentuk tabel yang komponennya terdiri dari nomor, hari dan tanggal, kemajuan atau capaian materi ajar, dan tandatangan guru. Komponen ini tentu hanya guru yang tahu dan mengambil manfaatnya.

Guru dapat mengembangkan makna jurnal pembelajaran yang lebih luas sehingga tidak saja guru yang mengambil manfaat dari kegiatan melakukan jurnal pembelajaran, akan tetapi siswa pun dapat mengambil manfaat dari jurnal pembelajaran.

Salah satu manfaat jurnal pembelajaran bagi guru adalah hasil jurnal pembelajaran sebagai reflektif pembelajaran guru. Biasanya guru apabila ditanya tentang masalah siswa hanya menjawab motivasi belajar. Tetapi dengan mengembangkan jurnal pembelajaran nantinya guru akan memiliki permasalahan belajar siswa yang banyak dan variatif.

Arti Jurnal Pembelajaran

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia arti jurnal adalah buku catatan harian, buku yang dipakai untuk mencatat transaksi berdasarkan urutan waktu, sedangkan arti pembelajaran adalah proses, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar.

Adapun pengertian jurnal pembelajaran disini adalah Jurnal pembelajaran (learning journal) adalah sebuah dokumen yang secara terus-menerus bertambah dan berkembang, biasanya ditulis oleh seorang pembelajar untuk mencatat setiap kemajuan belajarnya atau dapat pula disebut jurnal reflektif

Jurnal pembelajaran bukanlah :
  1. Berisi ringkasan materi pelajaran, tetapi lebih fokus pada reaksi terhadap apa yang sedang dan telah dipelajari atau dibaca.
  2. katalog belajar yang berisi peristiwa belajar yang dialami si pembelajar, tetapi merupakan catatan refleksi dan pemikiran atas apa apa yang sedang dan telah dipelajari.
Berikut Jurnal Harian dan Jurnal Guru Mengajar Kelas 3 dan 6 SD, bisa Anda unduh pada tautan dibawah ini.

Jurnal Harian Kelas 3 SD : UNDUH
Jurnal Harian Kelas 6 SD : UNDUH
Jurnal Guru Mengajar Kelas 3 SD : UNDUH
Jurnal Guru Mengajar Kelas 6 SD : UNDUH

RPP daring dan Luring Bisa Anda Unduh Pada tautan dibawah Ini.


Itu dia tentang Jurnal Harian dan Jurnal Guru Mengajar Kelas 3 dan 6 SD, semoga bisa bermanfaat, dan terima kasih.

Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan berita terupdate tentang guru dan pendidikan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments