Pembiasaan Guru, Alokasi Waktu, Jurnal Guru Mengajar dan Jurnal Harian Dalam Buku Kerja Guru

Pembiasaan Guru, Alokasi Waktu, Jurnal Guru Mengajar dan Jurnal Harian Dalam Buku Kerja Guru

BlogPendidikan.net
- Sebelum melaksanakan proses pembelajaran guru disibukkan dengan persiapan perangkat dan administrasi untuk menunjang pembelajaran dikelas. Tentunya yang perlu dipersiapkan adalah buku pembiasaan guru, alokasi waktu, jurnal guru mengajar dan jurnal harian. Empat kelengkapan administrasi guru bisa Anda peroleh pada akhir artikel ini.

Jurnal mengajar guru biasanya hanya memuat informasi yang menguntungkan guru semata, karena jurnal mengajarnya hanya memuat informasi tentang kemajuan belajar mengajar guru.

Isi jurnal mengajar yang dimiliki guru umumnya berbentuk tabel yang komponennya terdiri dari nomor, hari dan tanggal, kemajuan atau capaian materi ajar, dan tandatangan guru. Komponen ini tentu hanya guru yang tahu dan mengambil manfaatnya.

Guru dapat mengembangkan makna jurnal pembelajaran yang lebih luas sehingga tidak saja guru yang mengambil manfaat dari kegiatan melakukan jurnal pembelajaran, akan tetapi siswa pun dapat mengambil manfaat dari jurnal pembelajaran.

Salah satu manfaat jurnal pembelajaran bagi guru adalah hasil jurnal pembelajaran sebagai reflektif pembelajaran guru. Biasanya guru apabila ditanya tentang masalah siswa hanya menjawab motivasi belajar. Tetapi dengan mengembangkan jurnal pembelajaran nantinya guru akan memiliki permasalahan belajar siswa yang banyak dan variatif.

Pembiasaan Guru

Buku pembiasaan guru yang terdapat pada buku kerja 2 memuat tentang pembiasaan guru dalam proses pembelajaran yang dituangkan kedalam tulisan yang berisikan :

1. Kegiatan rutin
2. Kegiatan spontan
3. Kegiatan terprogram
4. Kegiatan keteladanan

Alokasi Waktu

Alokasi waktu dalam buku kerja guru berbeda dengan alokasi waktu yang terdapat pada perangkat pembelajaran. Alokasi waktu ini berisikan rangkuman jumlah pembagian waktu pada perangkat pembelajaran yang diberi alasan atau keterangan.

Berikut Format Pembiasaan Guru, Alokasi Waktu, Jurnal Guru Mengajar dan Jurnal Harian Dalam Buku Kerja Guru, bisa Anda unduh pada tautan dibawah ini.

Format Pembiasaan Guru dalam Buku Kerja : UNDUH
Format Alokasi Waktu dalam Buku Kerja : UNDUH
Jurnal Guru Mengajar dan Jurnal Harian dalam Buku Kerja : UNDUH

RPP daring dan Luring Bisa Anda Unduh Pada tautan dibawah Ini.


Baca Juga :

* Format Penilaian Harian (PH) Belajar Daring SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 : UNDUH

* Lembar Kerja Siswa (LKS) Belajar Dari Rumah dan PJJ Kelas 1 - 6 SD : UNDUH

* Format Penilaian Siswa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) : UNDUH

Itu dia tentang format Pembiasaan Guru, Alokasi Waktu, Jurnal Guru Mengajar dan Jurnal Harian Dalam Buku Kerja Guru, semoga bisa bermanfaat, dan terima kasih.

Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan berita terupdate tentang guru dan pendidikan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments