Format Penilaian Harian (PH) Kurikulum 2013 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Format Penilaian Harian (PH) Kurikulum 2013 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

BlogPendidikan.net
- Penilaian adalah suatu proses sistematis yang mengandung pengumpulan informasi, menganalisis, dan menginterprestasikan informasi tersebut untuk membuat keputusan-keputusan. Penilaian hasil belajar adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis, berkelanjutan dan menyeluruh dalam rangka pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menilai pencapaian proses dan hasil belajar peserta didik

Penilaian oleh pendidik adalah penilaian hasil belajar peserta didik yang dilakukan oleh pendidik secara berkesinambungan yang bertujuan memantau proses dan kemajuan belajar peserta didik untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran. Penilaian oleh pendidik merupakan penilaian pertama setelah peserta didik menjalani proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru

Penilaian Harian

Berdasarkan bentuknya, pelaksanaan penilaian terdiri dari pelaksanaan penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian akhir semester (PAS). Penilaian harian (PH) dilaksanakan setelah serangkaian kegiatan pembelajaran berlangsung dalam menyelesaikan satu KD atau satu tema untuk jenjang SD.

Penilaian tengah semester (PTS) merupakan kegiatan penilaian yang dilakukan untuk mengukur pencapaian KD mata pelajaran setelah kegiatan pembelajaran berlangsung 8-9 minggu. Cakupan PTS meliputi seluruh KD pada periode tersebut atau seluruh KD dari dua atau tiga tema. 

Frekuensi penilaian pengetahuan yang dilakukan oleh pendidik ditentukan berdasarkan hasil pemetaan penilaian dan selanjutnya dicantumkan dalam program tahunan dan program semester. Penentuan frekuensi penilaian tersebut didasarkan pada analisis KD. 

KD-KD “gemuk” (KD dengan materi pokok lebih dari satu dan atau memuat lebih dari satu KKO) dapat dinilai lebih dari 1 (satu) kali, sedangkan KD-KD “kurus” (KD dengan satu materi pokok dan satu KKO) dapat disatukan untuk sekali penilaian atau diujikan bersama. Dengan demikian frekuensi dalam penilaian atau ulangan dalam satu semester dapat bervariasi tergantung pada tuntutan KD dan hasil pemetaan oleh pendidik.

Berikut Format Penilaian Harian (PH) SD/MI Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 bisa Anda unduh pada link di bawah ini :

Format Penilaian Harian SD/MI Kelas 1 >>> DISINI
Format Penilaian Harian SD/MI Kelas 2 >>> DISINI
Format Penilaian Harian SD/MI Kelas 3 >>> DISINI
Format Penilaian Harian SD/MI Kelas 4 >>> DISINI
Format Penilaian Harian SD/MI Kelas 5 >>> DISINI
Format Penilaian Harian SD/MI Kelas 6 >>> DISINI

Demikian informasi ini semoga contoh format penilaian harian (PH) bisa menjadikan referensi Anda dalam mengelola nilai ulangan harian. Terima kasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments