Format Lembar Observasi Guru Oleh Kepala Sekolah Pelaksanaan Kinerja Guru di PMM

Format Lembar Observasi Guru Oleh Kepala Sekolah Pelaksanaan Kinerja Guru di PMM

BlogPendidikan.net
 - Berikut ini adalah contoh format lembar observasi yang dapat digunakan kepala sekolah pada saat mengobservasi guru saat praktik pembelajaran di kelas, pada pelaksanaan kinerja guru.

Praktik Kinerja atau Praktik Pembelajaran merupakan bagian terpenting dalam Pelaksanaan Kinerja. Praktik Kinerja atau Praktik Pembelajaran didasarkan pada sub indikator yang dipilih melalui perencanaan kinerja. 

Kepala sekolah melakukan observasi terhadap indikator tersebut, dan keberhasilan dinilai berdasarkan pencapaian tujuan oleh Guru melalui tindakan yang telah dilakukan.
Baca Juga: Contoh Lengkap Format Lembar Observasi Pelaksanaan Kinerja Guru di PMM

Guru dapat memulai Praktik Kinerja atau Praktik Pembelajaran dengan mengikuti alur Pelaksanaan Observasi, dimulai dari bagian pertama yaitu Pelaksanaan Observasi dan bagian kedua, yaitu Tindak Lanjut Observasi.

Guru dapat berdiskusi dengan Kepala Sekolah untuk menyepakati perilaku yang ingin dipelajari. Selain itu, Guru diharapkan mengunggah bukti RPP atau modul Ajar sesuai dengan indikator yang dipilih pada tahap Perencanaan Kinerja.

Observasi oleh Kepala Sekolah akan dimulai setelah dokumen persiapan yang diajukan oleh Guru telah dikumpulkan. Pada tahap ini, Kepala Sekolah memberikan penilaian berdasarkan hasil Observasi yang telah dilakukan.

Baca Juga: Daftar Lengkap Laporan Tugas Tambahan Bukti Dukung Pelaksanaan Pengelolaan Kinerja Guru di PMM

Penilaian tersebut menjadi dasar bagi Guru untuk mempersiapkan upaya tindak lanjut yang dibutuhkan dalam pengembangan diri.

Observasi yang akan di lakukan pada pelaksanaan kinerja guru meliputi.

1. Lembar diskusi persiapan observasi kinerja guru

2. Lembar pelaksanaan observasi kinerja guru

3. Lembar tindak lanjut observasi kinerja guru

4. Lembar refleksi tindak lanjut observasi kinerja guru

Berikut ini adalah contoh format lembar observasi yang dapat digunakan kepala sekolah mengobservasi guru, bisa Anda Unduh >>> DISINI

Ikuti dan baca artikel lainnya BlogPendidikan.net di GOOGLE NEWS

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments