Empat Hari Setelah Sekolah Satu Siswa Positif Corona, Sekolah Kembali Ditutup

Empat Hari Setelah Sekolah Satu Siswa Positif Corona, Sekolah Kembali Ditutup

Baru empat hari dibuka, salah satu sekolah di Melbourne, Australia harus kembali ditutup setelah satu siswanya didiagnosis terinfeksi virus Corona Covid-19, Jumat (29/5/2020).

Menyadur 9News, Keilor Downs College yang terletak di barat laut Melbourne akan kembali menjalani pembersihan. Semua murid dan staf yang terlibat kontak langsung bakal diisolasi.

Kepala Kantor Kesehatan Profesor Brett Sutton menyebut siswa kelas 11 itu merupakan satu dari lima anggota keluarga yang dinyatakan terinfeksi Covid-19.

Pihak berwenang masih berusaha menentukan bagaimana orang pertama dalam keluarga itu terinfeksi.

"Siswa lain harus dikarantina juga karena ada di satu ruang bersama," kata Prof. Sutton dikutip dari 9News, Jumat (29/5/2020).

"Sekolah akan tutup hari ini untuk keperluan pelacakan kontak yang biasa dan rutin, mengidentifikasi siapa yang dekat dengan kontak dan memastikan bahwa orang itu dikarantina."

Sebelumnya, seorang guru dari sekolah yang sama turut dinyatakan positif Covid-19 pada Jumat pekan lalu.

Namun, hal itu tak membuat kebijakan Australia membuka kembali sekolah diurungkan.

Menteri Pendidikan Australia, James Merlino ebelumnya menyebut bahwa guru tersebut belum sekalipun mengunjungi sekolah. 

Dia juga mengikuti tes di kawasan tempat tinggalnya.
Australia sejatinya telah mempersiapkan pembukaan kembali sekolah dalam jauh-jauh hari.

Bahkan, mereka telah mengetes sekitar 10 ribu staf sekolah agar memastikan kegiatan velajar mengajar bisa berjalan aman.

Departemen kesehatan setempat mengungkapkan bahwa kejadian ini memberikan gambaran bahwa sangat penting untuk mengetahui siapa saja yang mengalam gejala ringan di tengah pelonggaran aturan sosial.

"Itulah sebabnya pesan tentang siapa pun yang mengalami gejala ringan dites adalah sangat penting," kata pernyataan departemen esehatan Australia.

Artikel ini telah tayang di suara.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments