Pembagian Rapor Kenaikan Kelas Orang Tua Siswa Diundang ke Sekolah, Begini Teknisnya

Pembagian Rapor Kenaikan Kelas Orang Tua Siswa Diundang ke Sekolah, Begini Teknisnya

Kasek SDN 1 Padangkerta, Kecamatan Karangasem, Ni Ketut Suarni, mengundang para orangtua siswa saat pembagian rapor kenaikan kelas.

Kehadiran orangtua siswa diatur bergilir, maksimal masuk kelas sebanyak 25 orang. Mereka diwajibkan datang dengan menggunakan masker karena sekolah menerapkan protokol kesehatan.

Ketut Suarni mengatakan, jumlah siswa di SDN 1 Padangkerta sebanyak 158 orang. Satu siswa kelas II tidak naik kelas karena sejak enam bulan lalu sakit hingga menjalani operasi otak. 

Ditegaskan, mengundang orangtua siswa tak hanya bertujuan membagikan rapor kenaikan kelas siswa, juga untuk mengembalikan buku pelajaran dan menerima uang tabungan siswa. Teknis pembagian rapor telah disepakati dalam rapat dewan guru dengan mengundang orangtua siswa. Protokol kesehatan bisa jalan dan kenaikan kelas tidak terhambat. 

“Ada beberapa kelas yang siswanya melebihi 25 orang, masuk kelas dibagi dua, tahap I dan tahap II,” jelas Ketut Suarni. 

Terpisah, Kasek SDN 1 Duda, Kecamatan Selat, I Komang Sudarta, mengatakan kenaikan kelas dilakukan secara manual dibagi dua tahap. Tahap I, menghadirkan orangtua siswa untuk kelas I dan kelas II dari pukul 08.00 Wita-09.00 Wita. Tahap II untuk orangtua siswa kelas III-kelas V dari pukul 09.30 Wita-11.00 Wita. 

“Kami punya 111 siswa kelas I hingga kelas V, semuanya naik kelas,” jelas I Komang Sudarta. Berbeda dengan kenaikan kelas di SDN 1 Menanga, Kecamatan Rendang secara online. “Kami hanya mengumumkan secara daring siswa itu naik kelas dan ranking siswa tiap kelas,” ungkap Kasek I Wayan Sumerta.

Hanya saja, siswa tidak bisa mengetahui nilai rapor. Nilai rapor ada di rapor manual dan dibagikan saat situasi normal. SDN 1 Menanga memiliki 163 siswa kelas I hingga kelas V. Sementara Kasek SDN 4 Subagan, Kecamatan Karangasem I Wayan Sarja memberlakukan kenaikan kelas dengan mengundang kedatangan orangtua dan wajib menggunakan masker. 

Orangtua siswa kelas I dapat jadwal pukul 07.00 Wita-08.00 Wita, kelas II pukul 08.00 Wita-09.00 Wita, kelas III pukul 09.00 Wita-10.00 Wita, kelas IV pukul 10.00 Wita-11.00 Wita, dan kelas V pukul 11.00 Wita-12.00 Wita.

“Guru kelas menunggu di pintu ruang kelas, orangtua siswa yang hadir ke depan pintu ruang kelas menerima rapor. Sehingga tidak perlu masuk kelas,” jelas Kasek I Wayan Sarja. Jumlah siswa sebanyak 267 siswa. 

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, mengatakan kenaikan kelas SD sejak awal disepakati diatur sekolah masing-masing. “Sekolah yang mengatur teknis kenaikan kelas, mau manual atau daring silakan,” katanya. (**)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments