Akankan Metode Pembelajaran Jarak Jauh Menjadi Tren Pengganti Belajar Tatap Muka?

Akankan Metode Pembelajaran Jarak Jauh Menjadi Tren Pengganti Belajar Tatap Muka?

BlogPendidikan.net
- Pada masa pandemi Covid-19 tenaga pendidik harus memutar otak untuk mengajari muridnya dengan cara tak biasa. Jika biasanya mereka belajar tatap muka di kelas, kini mereka harus belajar dari rumah yang tentunya penuh tantangan.

Namun dikatakan Pakar Pendidikan Najelaa Shihab, metode pembelajaran jarak jauh sebagai alternatif melangsungkan kegiatan pendidikan, tak hanya menjadi solusi di kala pandemi Covid-19. Melainkan juga menjadi solusi sebagai peningkatan kualitas pendidikan.

"Saya optimis pembelajaran jarak jauh bukan hanya jadi solusi saat pandemi, tetapi juga menjadi solusi sebagai peningkatan kualitas pendidikan," ujarnya melalui telekonferensi Wardah Inspiring Teacher, Rabu (1/7/2020).

Najeela mendapati bahwa sistem pendidikan yang memanfaatkan teknologi justru lebih mudah daripada sebelumnya. Ia pun berharap agar pendidikan yang memanfaatkan teknologi bisa menjadi sebuah kenormalan baru bagi guru dan siswa.

"Jika sebelumnya guru melakukan tatap muka di sekolah, siswa tidak mendapatkan feedback langsung dari guru. Jadi guru harus koreksi terlebih dahulu, jika sibuk bahkan siswa bisa tidak mendapatkan feedback," tambahnya.

Namun, sejak adanya penerapan teknologi dalam dunia pendidikan, guru bisa membuat soal yang nilainya bisa langsung muncul. Sehingga ketika siswa mengerjakan tugas dari guru akan langsung keluar nilainya.

"Dengan demikian, para siswa pun langsung bisa mengukur kemampuannya," ungkap Najeela.

Tak hanya berfungsi sebagai parameter penilaian siswa, penerapan teknologi dalam dunia pendidikan juga memiliki benefit bagi guru dan siswa untuk memperluas jaringan. 

Nah, program belajar dari rumah ini bisa memberikan pemahaman kepada siswa, bahwa belajar tidak mesti di sekolah, melainkan bisa dilakukan di manapun dan kapanpun.

"Untuk para guru juga bisa memperluas jaringan bahkan kerja bareng untuk mengajar. Begitu juga dengan siswa yang bisa memperluas jaringannya sehingga bisa belajar bareng walau tidak satu sekolah," pungkasnya.

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments