Tipe-tipe Guru Yang Paling Disenangi dan Dirindukan Siswa

Tipe-tipe Guru Yang Paling Disenangi dan Dirindukan Siswa

BlogPendidikan.net
- Pahlawan Tanpa Tanda Jasa adalah salah satu julukan yang dapat disematkan kepada sosok guru. Julukan ini mengisyaratkan bahwa betapa besar peran dan jasa yang dilakukan oleh guru selayaknya seorang pahlawan. Namun, penghargaan terhadap guru nyatanya tidaklah sebanding dengan besarnya jasa yang telah diberikan. 

Guru adalah sosok yang dengan tulus mencurahkan sebagian waktu yang dimilikinya untuk mengajar dan mendidik siswa, sementara dari sisi finansial yang didapatkan sangat jauh dari harapan. Gaji seorang guru rasanya terlalu jauh untuk mencapai kesejahteraan hidup layak sebagaimana profesi lainnya. Hal itulah kiranya menjadi salah satu yang melatarbelakangi mengapa guru disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. 

Tentunya cara guru dalam memberikan materi berbeda-beda pada saat menjelaskan ataupun dalam hal pemberian tugas. Memahami kondisi dan keadaan siswa adala hal penting dalam menentukan teknik dan cara bagaimana yang akan kita terapkan dalam mengajar menjelaskan materi. 


Ada juga bebrapa tipe guru yang kurang disenangi oleh siswa semisal karena cara mengajarnya yangkurang dipahami siswa. Berikut tipe-tipe guru dalam mengajar yang disenangi siswa dan dirindukan:

Tipe-tipe Guru yang paling disenangi  Siswa dan dirindukan :

1. Yang ngerti anak-anaknya (siswa), dan adil sama semua murid kalau satu udah ngerti materi, semua juga harus ngerti

2. Yang asyik, bisa ngerti anak didiknya dan ketika ngajar  serius.  yang  paling penting berjiwa muda

3. Yang ngerti cara ngajarnya, enak cara ngomongnya dan tidak galak

4. Yang lucu, bersahabat, beri tugas yang enak-enak dan ngerti tentang anak-anaknya.

5. Ketika mengajar tidak terlalu serius, bisa bergaul dengan anak-anak (siswanya). bisa mengajar tapi tetap santai, gaul dan bisa diajak ngobrol

6. Guru yang tidak mentingkan dirinya sendiri, tidak memakai bahasa baku, santai dan tidak terlalu menuntut murid-muridnya bisa ini dan itu

7. Mengerti keadaan murid-muridnya ketika bosan dan punya teknik ngajar yang seru

8. Mau menjawab ketika ditanya dan menjelaskan yang belum  difahami  siswa dan bisa diajak bercanda

9. Yang bisa menempatkan diri, fleksibel dan tidak terlalu galak

10. Cara ngajarnya bisa dimengerti dan enak diajak ngobrol.

11. Guru yang baik adalah, guru yang mengangap muridnya tidak hanya sebagai anak didik, tetapi sebagai seorang anak dan teman. Jika hubungan guru dan murid sudah dekat, saat guru menerangkan, murid tidak akan susah-susah mencernanya.

12. Guru yang tidak mendewa-dewakan sesuatu yang bernama “nilai”. guru yang asyik adalah guru yang selalu berusaha bagaimana caranya  agar  murid dapat mengerti apa yang diajarkannya.

13. Guru yang keren dan asyik yaitu:
 
pertama, yang paling penting dan merupakan modal utama seorang guru adalah  kepintaran  karena  tugas  guru mencetak anak didiknya menjadi pintar, cerdas, komunikatif  dan  smart sehingga dapat mentransfer kepandaiannya  dengan  cepat  pada murid. 
Kedua, care and understand their student yaitu seorang guru bisa menagkap atau memahami ketika siswanya bosan, BT, atau tidak mood,dan guru harus bisa membuat muridnya kembali bersemangat belajar. 
Ketiga, sense of humor. Dengan sedikit bercanda atau ngelawak, dapat membuat materi yang disampaikan guru lebih cepat masuk kememori  siswa, daripada kondisi yang serius. dan guru itu harus cool, percaya diri, disiplin, tidak galak dan siap dikritik atau diberi masukan.

14. Guru yang berwawasan dan berpandangan luas terhadap  segala  sesuatu bisa Tanya tentang apa saja dari masalah pelajaran  sampai  sinetron  terbaru, bisa diajak curhat, bisa diajak bercanda, super-duper  ceria,  dan juga punya persepsi tambahan tentang dunia pendidikan, tidak hanya mengajar kurikulum biasa, tapi juga bisa mengajarkan siswa  berakhlak  yang baik dan benar. ceria penghilang penat, fleksibel, bijaksana dan adil, punya pendekatan yang berbeda terhadap setiap  muridnya,  tidak  egosentris, berfikir dewasa, cerdas dan bahasanya tidak baku, senantiasa senyum, disiplin, aspiratif dan harus bisa jadi panutan moral bagi siswa siwanya.

15. Guru yang menjadi teladan, baik dan memberikan  pendidikan  berharga bagi murid dalam pembelajaran, menjadi wali  disekolah  tetapi  dan menjadi teman ketika dibutuhkan.

16. Guru yang mampu menghidupkan suasana kelas sehingga  pelajaran menjadi lebih menarik dan guru harus bisa menjelaskan dengan cara yang unik, misalnya mengambil atau mengaitkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. guru yang mau mendengarkan keluh  kesah  dari  siswa- siwanya, karena guru bukan hanya sebagai  pendidik  saja,  tapi  juga sebagai teman sekaligus pendengar yang baik.

17. Guru yang keren, tegas dan guru yang bisa menempatkan diri kapan harus bersikap wibawa sebgai guru,  yang wajib ditaati dan dihormati dan bisa  jadi teman atau sahabat dekat bagi siswanya. bisa diajak curhat, bisa  bergaul dengan siswa tanpa membedakan satu sama lain, bisa mengikuti perkembangan zaman, mengerti pergaulan anak muda dan menjadi panesehat bagi siswanya. 

Cara ngajarnya tidak monoton, berbelit-belit dan membosankan, misalnya ketika guru memberikan materi dan mengajak muridnya mencari rumus bersama-sama atau bisa berupa game  dan diselangi dengan humor supaya tidak ngantuk.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments