15 Kiat Menguasai Teknik dan Keterampilan Menjelaskan Yang Baik dan Mudah Dipahami Siswa

15 Kiat Menguasai Teknik dan Keterampilan Menjelaskan Yang Baik dan Mudah Dipahami Siswa

BlogPendidikan.net
- Menjadi seorang guru harus dituntut memiliki keahlian dan keterampilan tertentu sebagai guru, salah satunya adalah keahlian atau keterampilan menjelaskan, ini merupakan hal yang sangat penting dikuasai dan dimiliki oleh seorang guru. Menjelaskan dengan cara monoton saja seperti apa adanya membuang waktu saja dan hasil yang didapatkan siswa jauh di bawah rata-rata atau tujuan dalam pembelajaran tersebut tidak tercapai.

Suda sepatutnya guru di zaman sekarang menguasai teknik dan cara menjelaskan yang uptodate, karena siswa di zaman sekarang lebih menyukai hal-hal yang kongkrit. Jadi seorang guru pandai-pandailah memodifikasi cara menjelaskan agar siswa lebih mudah memahami dan terjadi interaksi dalam proses pembelajaran antara guru dan siswa.
Menjelaskan pelajaran adalah keterampilan guru dalam menyampaikan bahan pelajaran kepada siswa secara lisan yang diorganisasikan secara terencana dan sistematis sehingga bahan pelajaran yang disampaikan guru tersebut dengan mudah dipahami siswa.

Betapapun pandainya seorang guru dalam menguasai suatu bahan pelajaran, akan sia-sia saja apabila ia kurang atau tidak mampu menguasai keterampilan menjelaskan bahan pelajaran yang dikuasainya. 
Demikian pula sebaliknya, kurang lengkap bila guru hanya terampil menjelaskan pelajaran, tetapi tidak menguasai bahan pelajaran yang diajarkan. Idealnya adalah seorang guru menguasai bahan pelajaran yang diampunya dan mempunyai strategi dalam menjelaskan bahan pelajaran itu secara efektif
sehingga mudah dipahami siswa.

Berikut 15 kita bagi guru menguasai teknik dan keterampilan menjelaskan yang baik dan mudah dipahami siswa :
  1. Menggunakan bahasa secara baik dan benar.
  2. Menggunakan bahasa yang jelas, baik kata-kata maupun ungkapan.
  3. Suara terdengar sampai ke seluruh bagian kelas.
  4. Volume suara bervariasi, kadang--kadang tinggi, kadang-kadang rendah sesuai dengan suasana kelas dan materi yang dijelaskan.
  5. Menghindari kata-kata yang tidak perlu; dan tidak memiliki arti sama sekali misalnya: e…, em…, apa ini…, apa itu….
  6. Menghindari penggunaan kata “mungkin” yang salah pemakaian. Misalnya harusnya pasti tetapi selalu dikatakan mungkin, sehingga karena segala sesuatu selalu memakai kata “mungkin” maka yang diperoleh oleh siswa adalah kemungkinan, bukan kepastian.
  7. Menjelaskan pengertian istilah-istilah asing dan baru secara tuntas, sehingga tidak mengakibatkan adanya verbalisme di kalangan siswa.
  8. Meneliti pemahaman siswa terhadap penjelasan guru, apakah sudah dipahami dengan baik atau belum. Jika belum, hal-hal yang belum dipahami perlu diulang.
  9. Memberi contoh nyata uraian materi sesuai dengan kehidupan sehari- hari
  10. Memberikan penjelasan dapat dilakukan secara deduktif maupun induktif dan mengaitkan dengan generalisasi.
  11. Menggunakan multi media untuk pokok bahasan tertentu.
  12. Menggunakan bagan untuk menjelaskan hubungan dan hirarki.
  13. Menerima umpan balik dari siswa terhadap uraian yang disampaikan.
  14. Memberikan kesempatan pada siswa untuk memberikan contoh sesuai dengan pengalamannya masing-masing.
  15. Memberikan penekanan pada bagian tertentu dari materi yang sedang dijelaskan dengan isyarat lisan. Misalnya “Yang terpenting adalah”, “Perhatikan baik-baik konsep ini”, atau “Perhatikan! yang ini agak sukar”.
Demikian tulisan dan penjelasan dalam artikel ini tentang 15 Kiat Menguasai Teknik dan Keterampilan Menjelaskan Yang Baik dan Mudah Dipahami Siswa, semoga memberikan manfaat bagi Anda. Terima kasih

Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOWING (Dapatkan berita terupdate tentang guru dan pendidikan) 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments