KI dan KD Kurikulum 2013 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

KI dan KD Kurikulum 2013 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

BlogPendidikan.net
- Bagian dari kelengkapan administrasi perangkat pembelajaran yang utama bagi guru adalah memiliki daftar Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) dalam buku administrasi perangkat pembelajarannya. KI dan KD menjadi rujukan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. 

Anda bisa mengunduhnya di sini lengkap KI dan KD kurikulum 2013 untuk jenjang SD mulai dari kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 filenya tersimpan dalam bentuk MS word jadi mudah bagi Anda untuk mengeditnya. 

Tentang Kompetensi Inti (KD) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013

Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills. 

Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu :

1. Sikap keagamaan (kompetensi inti 1), 
2. Sikap sosial (kompetensi 2), 
3. Pengetahuan (kompetensi inti 3), dan 
4. Penerapan pengetahuan (kompetensi 4). 

Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).

Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.

Bagi Anda yang belum memiliki ataupun ingin memiliki Daftar KI dan KD bisa Anda unduh pada link di akhir tulisan ini.

Daftar KI dan KD Kurikulum 2013 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 >>> DISINI

Demikian tulisan ini semoga memberi manfaat buat Bapak/Ibu sebagai kelengkapan administrasi perangkat pembelajaran di kelas. Terima kasih

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments