Apa Saja Kegunaan Sertifikat Vaksin Covid-19

Apa Saja Kegunaan Sertifikat Vaksin Covid-19

BlogPendidikan.net
- Vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk mengurangi transmisi/penularan COVID-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity) dan melindungi masyarakat dari COVID-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi. 

Kekebalan kelompok hanya dapat terbentuk apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata di seluruh wilayah. Upaya pencegahan melalui pemberian program vaksinasi jika dinilai dari sisi ekonomi, akan jauh lebih hemat biaya, apabila dibandingkan dengan upaya pengobatan. Pelayanan vaksinasi COVID-19 dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan menerapkan upaya Pencegahan dan

Pengendalian Infeksi (PPI) dan menjaga jarak aman 1 – 2 meter, sesuai dengan Petunjuk Teknis Pelayanan Vaksinasi Pada Masa Pandemi COVID-19. 

Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan puskesmas harus melakukan advokasi kepada pemangku kebijakan setempat, serta berkoordinasi dengan lintas program, dan lintas sektor terkait, termasuk organisasi profesi, organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan, tokoh masyarakat dan seluruh komponen masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan vaksinasi COVID-19. 


Petugas kesehatan diharapkan dapat melakukan upaya komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) kepada masyarakat serta memantau status vaksinasi setiap sasaran yang ada di wilayah kerjanya untuk memastikan setiap sasaran mendapatkan vaksinasi COVID-19 lengkap sesuai dengan yang dianjurkan.

Apa saja kegunaan Sertifikat Vaksin Covid-19

Dikutip dari portaljember.pikiran-rakyat.com, bahwa menurut juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi sertifikat tersebut didapatkan baik setelah vaksinasi dosis pertama dan juga kedua.

Pada masa PPKM Darurat ini sertifikat vaksin dipakai juga untuk syarat perjalanan.
Sebagaimana diketahui, sertifikat vaksin disediakan dalam bentuk digital. Hal tersebut lantaran untuk menghindari pemalsuan sertifikat.

Sertifikat vaksin wajib ditunjukkan apabila masyarakat akan melakukan perjalanan jauh di mana aturan tersebut telah berlaku sejak 3 Juli lalu hingga 20 Juli 2021 mendatang.

Pelaku perjalanan domestik yang menggunakan moda transportasi jarak jauh (pesawat, bis dan kereta api) harus menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksin dosis pertama).

Menteri Kesehatan juga berencana akan menggunakan sertifikat vaksin integrasi ke standar protokol kesehatan yang baru.

Dia menjelaskan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerikat Serikat sudah melonggarkan secara terstruktur dan sistematis kegiatan-kegiatan.

Sertifikat vaksin ini rencananya dijadikan sebagai syarat baru untuk bisa menghadiri atau menyelenggarakan acara-acara besar, seperti acara keagamaan, pertemuan keluarga, makan bersama dan konser.

Bagaimana cara download dan cetak Sertifikat Vaksin Covid-19 ? >>> LIHAT DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments