Pilihan Manfaat Media Pembelajaran E-Learning WhatsApp Bagi Guru dan Siswa

Pilihan Manfaat Media Pembelajaran E-Learning WhatsApp Bagi Guru dan Siswa

BlogPendidikan.net
- Masa pendemi seperti ini penerapan pembelajaran daring (jarak jauh) tentunya membutuhkan media yang efektif dan tepat sesuai kondisi atau kemampuan peserta didik. Whatsaap merupakan salah satu alternatif pilihan media pembelajaran yang sangat tapat, biala dibandingkan dengan media pembelajaran online lainnya. Hal tersebut dikarenakan whatsaap adalah aplikasi yang sederhana dan mudah pengoperasiannya serta whatsaap juga memiliki fitur-fitur dan fasilitas yang lumayan lengkap.

WhatsApp merupaka sebuah aolikasi yang berbasis pesan untuk smartphone, dengan kemampuan yang mirip dengan Blacberry Messenger. WhatsApp massanger adalah sebuah alikasi pesan lintas platform yang memudahkan kita untuk mengirim pesan tanpa adanya biaya sms, hal tersebut disebabkan karena aplikasi WhatsApp Massanger menggunakan akses data internet dalam pengoperasiannya. Sehingga dengan menggunakan whatsapp kita dapat mengirimkan file dokumen, file foto, video call, lokasi GPS dan lain-lain. 

Aplikasi whatsaap juga memiliki fitur fasilitas Broadcast dan Group sehingga memudahkan guru untuk mengkondisikan siswa 1 kelas dalam satu group. Whatsaap juga memiliki status pesan yang berupa tanda yang berfungsi untuk mengetahui status pesan tersebut, sehingga guru dapat memantau siswa apakah sudah membuka, membaca atau belum sama sekali.

Lantas bagaimana pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran dengan memanfaatkan WhatsApp Messenger Group :
  1. WhatsApp Messenger Group adalah aplikasi yang dapat diperoleh dengan secara gratis dan mudah
  2. WhatsApp Massenger Group memiliki beberapa fasilitas antara lain untuk mengirim komentar, tulisan, gambar, video, suara dan dokumen
  3. WhatsApp Massenger Group dapat diguanakan untuk mempublikasikan karya atau menyenangkan informasi dengan cepat atau mudah
  4. WhatsApp Massenger Group memiliki berbagai fitur sehingga dapat dengan mudah dibuat untuk menyebarluaskan informasi dan pengetahuan
  5. WhatsApp Messenger Group memberikan kemudahan dalam pembelajaran secara online antara pendidik dan peserta didik ataupun sesama peserta didik dimanapun mereka berada.
Pemanfaatan media pembelajaran E-Learning Berbasis WhatsApp dalam proses pembelajaran

Berikut beberapa fasilitas yang disediakan aplikasi WhatsApp yang sangat bermanfaat bagi guru dan siswa saat pembelajaran :
  • Pembuatan group chatting, pembuatan group ini bisa dimanfaatkan pendidik dan peserta didik untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara terbatas, yang hanya bisa diikuti oleh peserta didik yang ada dalam satu kelas tersebut. Serta fitur ini dapat mengatur dalam group hanya admin yang dapat mengirim pesan jika hal ini diperlukan, agar pembelajaran bisa kondusif. Kemudian pendidik sebagai admin dapat mengatur kembali untuk mengubah pengaturan jika ingin semua siswanya untuk berpartisipasi aktif serta menanggapi materi yang telah disampaikan pendidik.
  • Video Call, fitur ini bisa dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik untuk mengkroscek secara langsung, apakah peserta didik betul-betul mengikuti pembelajaran atau hanya sekedar mengaktifkan aplikasinya saja. Bisa juga dimanfaatkan untuk melakukan ujian lisan secara langsung.
  • Kirim pesan, dalam whatsaap pengiriman pesan berupa file, gambar, audio, video dan lokasi, tentu saja fitur-fitur ini sangat membantu pendidik. Hal tersebut disebabkan karena dengan adanya fitur ini pendidik bisa secara leluasa menyampaikan materi dengan merekan misalnya, kemudian didukung dengan gambar-gambar dan video agar peserta didik mampu memahami secara baik yang disampaikan oleh pendidik.
  • Whatsaap juga memiliki fitur untuk mencari tahu seseorang dalam menerima informasi. Biasanya secara umum dibedakan menjadi tiga yakni centang satu artinya pesan terkirim namun whatsapp tidak aktif, centang dua warna abu-abu pesan terkirim dan centang dua warna biru jika pesan telah dibaca oleh penerima pesan. Sehingga kita sebagai pendidik bisa memantau peserta didik yang benar benar aktif atau tidak sama sekali.
Ohh... iya. WhatsApp juga bisa digunakan sebagai sarana untuk melakukan evaluasi bagi peserta didik yang meliputi evaluasi kegiatan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan evaluasi sikap peserta didik selama proses pembelajaran jarak jauh berlangsung. 

Aplikasi WhatsApp akan menjadi efektif digunakan sebagai sarana evaluasi dalam pendidikan jika terdapat tiga unsur yaitu :

Pertama, guru hendaknya memberi kritikan yang sifatnya membangun bukan justru merendahkan siswa. 

Kedua, guru secara berkesinambungan memberikan motivasi terhadap hasil kinerja siswa sekalipun hasilnya belum maksimal. 

Ketiga, evaluasi sikap bisa dilakukan dengan kisah orang lain untuk diambil pesan moralnya yang bersifat mendidik

Demikian artikel ini tentang Pilihan Manfaat Media Pembelajaran E-Learning WhatsApp Bagi Guru dan Siswa, semoga memberikan manfaat bagi Anda. Terima kasih. dan jangan lupa tuk berbagi.

Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan berita terupdate tentang guru dan pendidikan) Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments