Kapan PPPK Tahap 1 Akan Terima Gaji?

Kapan PPPK Tahap 1 Akan Terima Gaji?

BlogPendidikan.net
- PPPK yang lulus pada tahap 1 masih diberikan kesempatan untuk pengisian DRH sebagai syarat penetapan NI PPPK. Jika proses pengajuan dokumen penetapan NI PPPK tidak molor sesuai yang ditetapkan hingga 31 Januari 2022, maka proses penerbitan SK akan lebih cepat.

Lantas kapan PPPK tahap 1 akan terima gaji?

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen mengatakan, gaji PPPK dibayarkan setelah yang bersangkutan menerima SK dan mendapatkan SPMT (Surat Perintah Melaksanakan Tugas).


Penghitungannya dimulai sejak TMT (terhitung mulai tanggal) ditetapkan. Contohnya TMT PPPK guru A 1-2-2022. Itu artinya, mulai 1 Februari gajinya sudah dihitung. “TMT dihitung setelah instansi menetapkan kontrak dan SPMT (Surat Perintah Melaksanakan Tugas),” ujar Deputi Suharmen.

Dia melanjutkan SPMT ini sama seperti CPNS. Jadi, apabila pejabat pembina kepegawaian (PPK) sudah menggunakan sistem IT, tentu bisa cepat. Sebaliknya bila prosesnya manual, tentu akan lama karena diketik satu per satu.


Dia juga mengingatkan para PPK soal batas waktu usulan penetapan NIP PPPK ke BKN maksimal 31 Januari 2022. Cepat lambatnya proses penetapan NIP PPPK guru tahap 1 tergantung dari keseriusan calon PPPK dan PPK.

“Prinsipnya lebih cepat lebih baik. Kalau bisa cepat kenapa harus dibuat lama,” terang Deputi Suharmen. Sementara di kalangan guru honorer sendiri terus memburu Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Mereka ingin memastikan agar usulan penetapan NIP PPPK ke BKN tidak molor.


Dengan harapan penetapan NIP PPPK tidak molor dan pihak BKN bisa menetapkan NIP PPPK sesuai waktu yang ditetapkan yaitu pada TMT penetapan 01-02-2022.

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments