Guru SD Positif COVID-19 Sempat Mengajar, Bertemu Guru dan Siswa Ini Riwayat Perjalanannya

Guru SD Positif COVID-19 Sempat Mengajar, Bertemu Guru dan Siswa Ini Riwayat Perjalanannya

Seorang guru sekolah dasar di Mimik, Papu dinyatakan positif virus corona. Kini Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika melacak riwayat kontak sang guru tersebut.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan guru di satu sekolah dasar di wilayah Sempan, Timika, ibu kota Kabupaten Mimika, tersebut diketahui masih mengajar saat mengalami gejala sakit.

"Yang sangat kami khawatirkan sekarang ini guru-guru dan siswa di sekolah itu, sebab berdasarkan informasi yang kami terima ibu guru yang sekarang ini sakit dan menjalani perawatan di salah satu rumah sakit sempat masuk mengajar dan bertemu dengan guru-guru yang lain maupun siswa di sekolahnya," kata Johannes.
Dia meminta para guru dan siswa di sekolah dasar tersebut segera memeriksakan kesehatan ke puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat.

"Tolong bapak-ibu guru dan anak-anak yang pernah kontak dengan ibu guru itu segera melapor dan memeriksakan diri di Puskesmas terdekat," katanya.

"Tidak perlu malu-malu atau takut untuk memeriksakan diri. Penyakit ini bukan aib. Lebih awal memeriksakan diri jauh lebih bagus agar kita bisa mengetahui kondisi kesehatan kita," Johannes menambahkan.

Sementara itu, petugas penyelidikan epidemiologi dari Dinas Kesehatan Mimika Kamaluddin mengatakan menurut hasil penelusuran riwayat kontak pada pasien positif COVID-19 klaster Lembang, pasien 014 yang merupakan isteri dari pasien 003 yang sudah meninggal dunia.

Pasien 014 ini masih pergi ke sekolah untuk mengajar meski sudah mulai mengalami gejala sakit.

"Pada saat kami lakukan tracing (pelacakan) pasien 014, kami sudah mendata siapa-siapa yang melakukan kontak dengannya, kemana saja dia bepergian sebelum masuk rumah sakit," katanya.

Petugas Dinas Kesehatan kemudian menghubungi kepala sekolah tempat guru itu bertugas untuk mendata para guru dan siswa yang kemungkinan melakukan kontak dengan pasien 014 antara 10 Maret dan 19 Maret.

Hasilnya, ada 31 guru dan 39 siswa yang diketahui sempat melakukan kontak dengan pasien 014.

"Jadi, total ada 70 orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien 014 di sekolah tersebut. Sejauh ini baru 11 guru yang sudah kami tracing, ada juga guru yang tidak mau di-tracing sehingga kami tidak bisa mendatangi rumahnya. Untuk siswa, kami kesulitan mendapatkan nomor kontak mereka. Sejauh ini baru dua siswa yang sudah kami tracing, selebihnya belum," Kamaluddin menjelaskan.

Tim penyelidikan epidemiologi Dinas Kesehatan Mimika sudah meminta kepala sekolah mengarahkan para guru dan siswa untuk memeriksakan kesehatan ke puskesmas.

Hingga Minggu (19/4), di Mimika ada 32 orang yang dikonfirmasi positif COVID-19, empat sudah sembuh dan tiga meninggal dunia. Jumlah kasus infeksi virus corona di Mimika tertinggi di Provinsi Papua.

Selain itu ada 52 pasien dalam pengawasan dan 158 orang dalam pemantauan terkait penularan COVID-19 dan 153 orang yang berhubungan dengan pasien COVID-19 namun tidak mengalami gejala sakit yang kondisinya terus dipantau.
Source; jpnn.com

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments