Nadiem Ubah Pola Rekrutmen Guru Harus Mengikuti PPG Dan Dinyatakan Lulus

Nadiem Ubah Pola Rekrutmen Guru Harus Mengikuti PPG Dan Dinyatakan Lulus

Mendikbud Nadiem Makarim akan mengubah pola rekrutmen guru mulai tahun ini. Rekrutmennya dititikberatkan pada dua hal yaitu saat mendaftar PPG (pendidikan profesi guru) dan menjelang kelulusan (PPG).
"Tidak zamannya lagi melihat kemampuan guru hanya pada kompetensinya. Guru tidak boleh hanya dinilai lewat kemampuan akademisnya tetapi juga bagaimana praktiknya dia mengajar," kata Nadiem di Jakarta, Minggu (5/4).
Dia menyebutkan, setelah lulus S1, seorang calon guru harus ikut PPG selama setahun. Sebelum masuk, dia harus diuji kemampuan akademik serta menelisik jiwanya. Seberapa besar panggilan hatinya menjadi seorang guru. Apakah karena tidak ada pekerjaan lain akhirnya melamar jadi guru. Atau memang panggilan jiwanya menjadi guru.
Baca Juga; Jokowi, Guru Lebih Banyak Tugas Administrasi Daripada Fokus Mengajar, Nadiem Siap Rombak Kurikulum
"Menjadi guru tidaklah mudah. Hanya orang-orang tertentu yang bisa jadi guru. Selama ini kemampuan guru hanya dinilai dari kompetensinya. Itu yang salah. Mestinya dilihat bagaimana dia mengajar, berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa," tuturnya.
Baca Juga; Kemungkinan Libur Sekolah Akan Diperpanjang dan Masuk Setelah Lebaran
Baca Juga; Banyak Dana Dipangkas, Bagimana Nasib Gaji 13 dan THR PNS Terkait COVID-19 
Baca Juga; Sri Mulyani, Jokowi Minta Gaji 13 dan THR PNS Dikaji Kembali 
Seorang guru yang hebat bila dia bisa mentransfer ilmu ke siswa dengan baik. Guru bukan jago pidato tetapi bagaimana bisa menarik siswa untuk tertarik dengan materi yang diajarkan.
"Saya ingin semua guru nanti punya kemampuan ganda. Tidak hanya dari sisi pengetahuan tetapi paling utama kepiawaiannya mengajar. Makanya praktik mengajar menjadi syarat mutlak seorang calon guru bisa lulus PPG," tandasnya.

Source; jpnn.com
Artikel; https://www.jpnn.com/news/mendikbud-nadiem-ubah-pola-rekrutmen-guru

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments