1,3 Juta Data Kemendikbud Bocor, Semoga Bukan Data Guru di Dapodik

1,3 Juta Data Kemendikbud Bocor, Semoga Bukan Data Guru di Dapodik

Sebanyak 1,3 juta data pribadi pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diduga bocor di forum internet. Kemendikbud memastikan data yang bocor itu bukan berasal dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti).

"Data yang dimaksud bukan berasal dari Dapodik ataupun PD Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," kata Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud, Evy Mulyani, kepada Medcom.id, Rabu, 27 Mei 2020.

Evy menjelaskan, kepastian itu terlihat karena dalam data yang bocor terdapat variabel nomor Status Hubungan dengan Kepala Keluarga (SHDK). Sedangkan, SHDK tidak tercatat sebagai variabel di Dapodik dan PD Dikti.

"Kemudian variabel stat_ktp tidak ada di dalam variabel Dapodik dan data PD Dikti," ujarnya.

Evy mengatakan, variabel kerja tidak sesuai dengan referensi pekerjaan di Dapodik data PD Dikti. Pun demikian referensi jenjang pendidikan, tidak sesuai dengan penamaan di Dapodik data PD Dikti.

Evy memastikan, pengelola data di lingkungan Kemendikbud selalu menerapkan protokol pengamanan atau perlindungan data pribadi. Sesuai dengan Peraturan Menteri Komunkasi dan Informatika (Permenkominfo) Nomor 20 Tahun 2016.

"Pengelola data di lingkungan Kemendikbud selalu dan terus berkoordinasi dengan kementerian atau lembaga terkait untuk memastikan keamanan serta ketaatan pada aturan penggunaan data pribadi," ungkap Evy.

Founder of Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto mengungkap jika terjadi dugaan kebocoran data pribadi pegawai Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di forum internet. Dia mengatakan setidaknya ada 1,3 data pegawai Kemendikbud yang ditampilkan di forum tersebut.

"Kemdikbud juga mengalami kejadian serupa, 1,3 juta data bocor. Data yang dibocorkan diantaranya adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK)," kicau Teguh melalui akun twitter @secgron, Rabu, 27 Mei 2020.

Selain NIK, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, status pernikahan juga dilampirkan dalam forum tersebut. Bahkan nama lengkap ibu, nama lengkap ayah, nomor Kartu Keluarga serta alamat pegawai juga ditampilkan. (Sumber; medcom.id)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments