Guru SD Ini Memanfaatkan TIKTOK Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Guru SD Ini Memanfaatkan TIKTOK Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
Guru SD di Muntilan, Jawa Tengah, Titik Nur Istiqomah. Tangkapan layar. Image source; medcom.id
Ragam cara dilakukan guru guna membuat masa belajar dari rumah selama pandemi virus korona (covid-19) menyenangkan. Salah satunya, sesekali memanfaatkan media sosial.

Titik Nur Istiqomah, seorang guru di Muntilan, Jawa Tengah bercerita, kalau dirinya sempat menggunakan aplikasi berbagi klip video, TikTok, untuk mengisi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Titik menyebut aplikasi ini cukup banyak disenangi siswa.

"Kami pernah gunakan TikTok, itu kami gunakan karena anak-anak kami itu sekarang senang menggunakan media itu. Tidak ada salahnya TikTok sebagai media pembelajaran," kata Titik dalam konferensi video yang difasilitasi Badan Nasional Penanggulangan bencana (BNPB), Sabtu, 2 Mei 2020.

Titik tak memerinci mekanisme pembelajaran menggunakan TikTok ini. Yang jelas, kata dia, penggunaan TikTok guna memberikan suasana belajar yang menyenangkan bagi para siswa.

Menurut Titik, masa pembelajaran jarak jauh ini masih banyak diartikan kalau para siswa libur sekolah. Padahal, anak-anak tetap harus belajar di rumah.

"Kita memberikan pemahaman kepada orang tua dan anak, yang namanya belajar itu sesuatu yang menyenangkan, untuk melakukan itu semua kami menggunakan berbagai media," ujarnya.

Guru SD Muhammadiyah 1 Muntilan itu menekankan pandemi membuat sektor pendidikan mengalami keadaan new normal. Pendidikan saat ini sangat mengandalkan teknologi, maupun internet. Padahal, kata dia, sebelumnya guru selalu berusaha menjauhkan gawai dari para murid.

"Ternyata di posisi seperti ini, keadaan seperti ini, justru para pendidik ditantang untuk berkreasi bagaimana memajukan pendidikan dengan teknologi yang ada," ungkapnya.

Titik menegaskan komunikasi guru, orang tua, dan murid penting dilakukan guna membuat pembelajaran di rumah bukan menjadi beban. Ia juga meyakini keberhasilan pendidikan bergantung kolaborasi guru, orang tua, dan murid.

Artikel ini telah tayang di www.medcom.id
Source; https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/ZkeBvx5K-guru-manfaatkan-tiktok-jadi-media-pembelajaran-jarak-jauh

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments