Prihatin, 77 Anak di NTB Positif COVID-19

Prihatin, 77 Anak di NTB Positif COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat (NTB) dr Nurhandini Eka Dewi mengungkapkan ada 77 anak yang dinyatakan positif COVID-19. Ada tiga anak-anak yang telah meninggal dunia.

"Dari jumlah positif COVID-19 di NTB, 77 orang di antaranya anak-anak. Didominasi bayi dan balita, bahkan tiga di antaranya meninggal dunia," ujarnya saat memberikan keterangan pers di Mataram, Rabu (27/5/2020), seperti dilansir Antara.

Dokter Eka--sapaan akrabnya--menjelaskan kasus anak positif COVID-19 di NTB bahkan tertinggi kedua di Indonesia, setelah Provinsi Jawa Timur (Jatim).

"Kenapa kasus anak-anak meningkat, karena secara tubuh bayi dan balita secara imunitas belum sempurna, sehingga gampang tertular," katanya.

Ia mencontohkan dalam kasus pasien balita asal Desa Jeringo, Kabupaten Lombok Barat. Dia mengatakan balita tersebut tertular COVID-19 tidak melalui kedua orang tuanya, melainkan akibat diajak ke pasar.

"Kedua orang tuanya pas diperiksa negatif. Kuat dugaannya anaknya terkena saat dibawa oleh orang tuanya sering ke pasar," katanya.

Ia menjelaskan cara terbaik menghindarkan anak-anak terpapar COVID-19 adalah para orang tua tidak mengajak anak-anak keluar dari rumah, tapi harus tetap di dalam rumah.

"Meski anak-anak dilengkapi masker, seyogianya tidak diajak ke luar rumah, apalagi masih bayi. Maksimal anak-anak itu memakai masker hanya satu jam, lebih dari itu tidak boleh. Kenapa tidak boleh berlama-lama pakai masker, karena napas bayi pendek tidak seperti orang dewasa," kata Eka.

Eka menyatakan, meski kasus anak positif COVID-19 tertinggi kedua di Indonesia, setelah Jatim, NTB menjadi model contoh nasional merujuk rekomendasi pemerintah pusat melalui Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Ia menjelaskan semua anak yang kena pnemonia dimasukkan ke dalam pasien dalam pengawasan (PDP) sehingga ditangani intensif oleh tenaga medis serta dimasukkan ke ruang isolasi.

"Dengan demikian, mereka akan ditangani secara medis dan perawatannya dilakukan di ruang isolasi di semua fasilitas kesehatan di NTB," ucap Eka.

Pihaknya mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol COVID-19 dengan tidak keluar dari rumah, memakai masker, mencuci tangan, dan menerapkan jaga jarak.

"Selain itu, diharapkan masyarakat tidak menganggap remeh COVID-19 maupun abai terhadap anjuran pemerintah. Hal ini tidak lain untuk mencegah lebih banyak lagi masyarakat, termasuk di dalamnya anak-anak, terpapar COVID-19," katanya.

Hingga Selasa (26/5), jumlah pasien positif COVID-19 di Provinsi NTB 537 orang, dengan rincian 272 orang sudah sembuh, sembilan meninggal dunia, serta 256 orang masih positif dan dalam keadaan baik.

Artikel ini telah tayang di news.detik.com

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments