Dana BOS Tahap 2 Gelombang ke 2 Suda Cair Sejak 17 Juni

Dana BOS Tahap 2 Gelombang ke 2 Suda Cair Sejak 17 Juni

BlogPendidikan.net
- Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat ( Disdik Jabar), Dedi Supandi, mengatakan Dana Bantuan Operasional Sekolah ( dana BOS) tahap II tahun 2020 sudah disalurkan ke sekolah sejak 17 juni 2020 dan dapat diterima oleh semua sekolah di Jawa Barat.

"Dana BOS tahap II, gelombang kedua itu sudah cair untuk 10.163 sekolah, baik SD, SMP, SMA, SMK, maupun SLB negeri dan swasta. ini kabar baik kepada baik pemerintah kabupaten kota dan dinas pendidikan yang ada di kabupaten kota, termasuk sekolah-sekolah," kata Dedi di Gedung Sate, Jumat (19/6/2020).


Dikutip dari laman tribunnews.com bahwa sekolah baik tingkat SD, SMP, SMA, maupun SMK, katanya, dapat mengecek penyaluran Dana BOS tersebut di rekening sekolah masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, Dedi mengatakan tahap pertama PPDB atau penerimaan peserta didik baru, yakni penyaringan kuota 50 persennya untuk alokasi jalur afirmasi, prestasi, dan perpindahan, sedang memasuki tahap evaluasi di rapat dewan guru.

Dari pemantauannya terhadap PPDB di tahap ini, ada sekolah yang jalur afirmasi yang penuh namun jalur prestasi tidak terpenuhi, ada juga yang jalur afirmasi sedikit tetapu jalur prestasi banyak.

"Tapi itu sudah diatur dalam petunjuk pelaksanaan dan insyaallah nanti tanggal 22 Juni kami Disdik Jabar akan mengumkan hasil kelulusan PPDB," ujarnya.

Dedi mengatakan pihaknya pun tengah melakukan persiapan program iuran bulanan gratis di Jabar. Pihaknya mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dan sedang dibuatkan persiapan implementasi program sekolah gratis tersebut.

"Kita ada update SOP segala macamnya itu sudah disosialisasikan dan aturan sedang dibuat. Nanti kemungkinan itu akan berjalan di awal Juli, sesuai dengan target dan harapan daripada Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam hal ini Gubernur dengan Komisi V DPRD Jabar tentunya," katanya.

Dalam pemberlakuan kebijakan ini, menurut Dedi, akan diatur kegiatan bantuan untuk BOP atau belanja operasional pendidikan, yakni untuk operasional sekolah, untuk belanja barang dan jasa, serta untuk belanja modal. Saat terjadi percepatan, pihaknya akan menggunakan input data dengan pola SPJ menggunakan aplikasi e-school,


"Sementara dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat kan ada SIKPD (Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah) sehingga akan kita lakukan migrasi sistem antara e-school dengan SIKPD sehingga percepatan pelaksanaan kegiatan sekolah gratis itu bisa segera dilakukan sesuai dengan target yang diharapkan," ujarnya.

Pelaksanaan program sekolah gratis ini, katanya, seperti bayi yang baru lahir. Jadi kalau ada beberapa hal yang perlu dievaluasi kembali, harus dievaluasi untuk tahap-tahap selanjutnya. (*)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments