Bupati Lebak Berlakukan KBM Tatap Muka Meski Zona Oranye, Karena Daerahnya Susah Sinyal

Bupati Lebak Berlakukan KBM Tatap Muka Meski Zona Oranye, Karena Daerahnya Susah Sinyal

BlogPendiidkan.net
- Syarat untuk melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) di tengah pandemi Virus Corona, adalah wilayah harus zona hijau.

Meski demikian, Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya akan membuka sekolah secara tatap muka.

Padahal saat ini Kabupaten Lebak masih zona oranye.

Iti menyebut, kebijakan pelonggaran ini dikarenakan wilayahnya susah sinyal internet, sehingga tak memungkinkan dengan metode belajar jarak jauh.

Menurutnya, sekolah di Kabupaten Lebak tidak seperti di wilayah lain yang berada di kota.

Ada sekolah yang berada di gunung dan merupakan area blank spot sinyal.

"Kami minta pelonggaran, daerah Lebak tidak seperti Tangsel (Kota Tangerang Selatan) yang berdekatan, misalnya di Sobang, itu di gunung, kalau daring belum memadai, banyak blank spot," kata Iti ditemui di Pendopo Kabupaten Lebak, Selasa (7/7/2020).

Masih Zona Oranye

Kabupaten Lebak saat ini masih berada di zona oranye, sehingga kata Iti, belum diperbolehkan untuk melaksanakan kegiatan mengajar secara tatap muka.

Namun, di sebagian wilayah yang sulit sinyal, hal tersebut tidak memungkinkan, sehingga pihaknya meminta pelonggaran kepada Kementerian Pendidikan untuk melaksanakan tatap muka.

Untuk awal, kata dia, akan dikaji sekolah mana yang sudah bisa melaksanakan tatap muka dengan syarat areanya merupakan zona hijau, mengikuti protokol kesehatan serta ada persetujuan orang tua.

Adapun secara keseluruhan, sekolah di Kabupaten Lebak ditargetkan akan mulai melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, dilakukan bertahap setelah wilayahnya berstatus zona hijau.

"Ketika kita sudah zona hijau maka tahap pertama boleh SMA, dua bulan kemudian SMP, dua bulan kemudian SD."

"Kalau zona hijau kemungkinan baru September SMP, SD Oktober, TK baru Januari. Arahannya begitu kemarin," Kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lebak Wawan Ruswandi.

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Masih Zona Oranye, Bupati Lebak Berlakukan Sekolah Tatap Muka karena Daerahnya Susah Sinyal Internet,  
Source; https://wow.tribunnews.com/2020/07/08/masih-zona-oranye-bupati-lebak-berlakukan-sekolah-tatap-muka-karena-daerahnya-susah-sinyal-internet

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments