Nadiem Makarim: Kendala Belajar Jarak Jauh Bukan Internet

Nadiem Makarim: Kendala Belajar Jarak Jauh Bukan Internet

BlogPendidikan.net
- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menampik jika internet menjadi kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di era digital saat ini. Menurutnya sarana prasarana pembelajaran utama di era digital adalah pola pikir.
 
"Saat kita bicara revolusi industri 4.0 Kita mengeluhkan internet, laptop. Padahal di sini yang Kita butuhkan bagaimana kita meng-upgrade mindset Kita," kata Nadiem dalam webinar Tantangan Mewujudkan Kampus Merdeka, Jumat, 3 Juli 2020.
 
Menurutnya, sarana prasarana hanyalah penunjang pembelajaran. Namun yang justru rumit adalah mengembangkan manusianya.

Untuk itu Nadiem meminta para pengajar untuk mengubah pola pikir pendidikan. Pengajar yang usianya tua harus bisa mengerti terlebih dahulu apa yang diinginkan pelajar.
 
"Gimana Kita yang tua bisa sadar apa yang mereka butuhkan. Apa yang mereka (pelajar) butuhkan hari ini berbeda dengan apa yang Kita butuhkan saat belajar dulu," ungkap Nadiem.
 
Pola pikir inilah yang terlebih dahulu harus dibenahi. Nadiem meminta para pengajar tidak membenturkan sejarah metode pembelajaran masa lalu dengan model belajar kekinian.
 
"Paradigma yang diubah, apa yang dibutuhkan mahasiswa bukan apa yang menurut Saya baik berdasarkan sejarah Saya. Kita harus banyak mendengarkan mereka, dan mempersiapkan agar mereka bisa menjawab tantangan mereka sendiri," pungkas Nadiem. (*)

(Sumber: medcom.id)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments