Apa Saja Yang Bisa Diakses Dari Kuota 35 GB Siswa dan 42 GB Untuk Guru

Apa Saja Yang Bisa Diakses Dari Kuota 35 GB Siswa dan 42 GB Untuk Guru

BlogPendidikan.net
- Mendikbud Nadiem Makarim kemarin dlama rapat kerja Komisi X DPR RI secara virtual sudah menyatakan bahwa kementeriannya akan menggelontorkan dana sebesar Rp7,2 triliun untuk bantuan pulsa atau kuota internet.

Bantuan ini akan diberikan kepada pelajar, guru, dan dosen untuk mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh. Rinciannya, pelajar akan menerima kuota gratis 35GB, guru 42GB, dan dosen serta mahasiswa 50GB. Kuota gratis akan diberikan selama empat bulan.


Skema pemberian kuota gratis ini belum dijelaskan secara detil, apakah menggandeng langsung operator telekomunikasi atau akses ke aplikasi pembelajaran jarak jauh yang didukung pemerintah

Tentu saja kuota gratis ini tidak boleh digunakan pelajar untuk mengakses media sosial, misalnya TikTok maupun bermain game mobile. Jadi kuota gratis ini digunakan untuk mendukung pembelaran jarak jauh, apa saja layanan yang bisa dimanfaatkan?

1. Google Classroom

Aplikasi Google Classroom cukup populer digunakan oleh guru dan siswa atau sekolah selama pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi Covid-19. Layanan ini tidak hanya menyediakan fitur konferensi video tapi juga seperti kegiatan belajar di kelas, mulai dari absensi kehadiran hingga mengumpulkan tugas.

2. Microsoft Teams

Serupa dengan Google Classroom, Microsoft Teams menyediakan konferesi video gratis yang juga dilengkapi tools atau fitur untuk membuat kelas belajar online. Layanan ini masih digratiskan oleh Microsoft hingga akhir tahun ini dan diperpanjang apabila kondisi pandemi masih berlangsung.

3. Quipper

Apliaksi edutech Quipper hadir sejak lama di Indonesia, platform ini tidak hanya menyediakan mater belajar mandiri atau online tapi juga kelas virtual untuk guru memberikan pelajaran kepada siswanya.Khusus materi belajar mandiri konten yang disajikan juga hadir dalam bentuk video.


4. Ruangguru

Nama layanan Ruanguru sudah tidak asing di Indonesia karena sebagai salah satu startup edutech lokal yaang sukses dan iklannya mudah dijumpai di televisi. Ruangguru menyediakan bimbingan belajar online termasuk tryout online yang bisa diakses dengan berlangganan.

5. Zenius

Zenius juga salah satu penyedia bimbingaan edukasi pionir di Tanah Air. Mereka sudah memiliki platform belajar online dan di sini peserta bisa berinteraksi langsung alias real-time dengan tutor atau pengajar. Jadi menyediakan komunikasi dua arah seperti kegiatan tatap muka. (*)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments