Cara Mendapatkan Kuota Gratis Dari Pemerintah Telkomsel, XL, Axis, IM3 Indosat dan Paket 10 GB Hanya Rp 10

Cara Mendapatkan Kuota Gratis Dari Pemerintah Telkomsel, XL, Axis, IM3 Indosat dan Paket 10 GB Hanya Rp 10

BlogPendidikan.net
- Berikut cara mendapatkan kuota gratis dari pemerintah, apakah ada perbedaan untuk pengguna Telkomsel, Axis, IM3, Indosat atau XL?

Kabar gembira, mulai September 2020 Kemendikbud akan beri subsidi kuota internet gratis untuk siswa dan guru.

Informasi selengkapnya seputar cara cara mendapatkan kuota gratis dari pemerintah bisa dilihat di dalam artikel

Pemberian kuota gratis dari pemerintah ini demi melancarkan program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi Corona.


Dikutip dari Kompas.com, kuota gratis siswa dan guru diberikan mulai September 2020 hingga Desember 2020.

Setiap bulannya siswa mendapat kuota sebesar 35 GB (setara Rp 35 ribu) dan guru mendapat 42 GB (setara Rp 42 ribu), lihat cara cara mendapatkan kuota gratis dari pemerintah. Sementara untuk dosen dan mahasiswa mendapat 50 GB (setara 50 ribu).

Guna merealisasikan program ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyediakan anggaran sebanyak Rp 7,2 triliun. “Pulsa ini adalah (masalah) nomor satu,” papar Nadiem di ruang rapat Komisi X DPR RI, seperti dilansir laman Kemendikbud, Kamis (27/8/2020).

Berikut cara dapat kuota gratis dari pemerintah

Lantas bagaimanacara dapat kuota gratis dari pemerintah ini? Terkait cara penyaluran kuota internet ini, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasae dan Pendidikan Menengah Kemendikbud, Jumeri memberi penjelasan.


Menurut Jumeri, untuk mendapatkan subsidi kuota internet ini, peserta didik yang memiliki nomor ponsel akan didaftarkan oleh sekolah. Setelah data nomor ponsel siswa dan guru dikumpulkan, selanjutnya akan di data pokok pendidikan (dapodik).

Nantinya, dari data dapodik akan dipilah setiap operator yang ada, baik itu Telkomsel, XL, AXis atau Indosat lalu setiap nomor akan disi pulsa internet dari pemerintah.

"Nantinya, dari dapodik akan memilah setiap operator seluler misalnya dari A sampai Z. Setiap nomor, nanti akan diisi pulsa data internet," terangnya.

Rencananya, awal September kuota internet itu akan sampai pada nomor telepon siswa dan guru. Namun, bagaimana jika anak tidak punya ponsel dan memakai nomor orang tuanya?

Jumeri memberikan penjelasan bahwa nomor yang didaftarkan boleh memakai nomor orang tuanya.

Tak hanya itu saja, jika nantinya masih ada siswa yang belum mendapatan subsidi kuota internet ini, maka masih ada tahapan berikutnya.

Artinya, siswa yang mengikuti PJJ semua bakal mendapatkan kuota internet.

Kami berharap, orang tua nantinya mau membimbing dan mengawasi anak-anaknya. Anak tidak boleh dibiarkan. Jadi kalau kuota habis untuk hal-hal lain diluar PJJ, ya bisa meminta kuota orang tuanya," jelas Jumeri seperti dikutip dari Kompas.com.

Dengan kata lain, Kemendikbud meminta agar setiap orang tua dapat membimbing putra dan putrinya dalam mengakses pembelajaran jarak jauh ini.

Kuota Belajar Telkomsel 10 GB 10 rupiah

Selain kuota gratis dari Kemendikbud, siswa juga bisa mengaktifkan kuota belajar Telkomsel 10 GB hanya 10 rupiah. Paket data sebesar 10 GB tersebut bisa digunakan hingga 30 hari.

Lantas apa saja kegunaan paket belajar Telkomsel ini?

Kuota ilmupedia terdiri dari Google Classroom, Zenius, Rumah Belajar, Quipper, Cakap, Bahaso, AyoBlajar, Kippin School 4.0, mu, Udemy, Duolingo, Birru, aplikasi online belajar lainnya, dan ratusan e-learning kampus/sekolah.

Sementara kuota conference termasuk Zoom, Google Meet, Cisco Webex, UMeetMe, Microsoft Teams, CloudX, dan aplikasi lain yang tergabung dalam Conference Telkomsel.

Promo terbaru dari perusahaan pelat merah ini tentu akan sangat membantu bagi siswa dan guru yang menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau sekolah dari rumah.

Dikutip dari situs resmi Telkomsel, paket Kuota Belajar seharga Rp 10 berlaku mulai 21 Agustus 2020 hingga 31 Desember 2020.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan Kuota Belajar dari Telkomsel, salah satunya dengan mengakses layanan MyTelkomsel atau UMB *363*844#.

Bisa juga dengan membeli Kartu Perdana 10GB Kuota Belajar Rp10 dan hanya berlaku untuk kartu perdana bertanda Kuota Belajar. cara lainnya yaitu mengaktifkan Paket Renewal 11GB yang berisi kuota internet 500MB, kuota chat 500MB, dan kuota Belajar 10GB seharga Rp 5 ribu.

Khusus untuk Paket Renewal 11GB berlaku untuk sekali pembelian dan dapat diaktifkan oleh nomor kartu perdana bertanda Kuota Belajar. cara terakhir dengan mengakses paket pada kartu perdana InternetMax, UnlimitedMax, dan Paket Internet OMG! dengan tambahan Kuota Belajar sebesar 30GB.

Khusus untuk Kartu Perdana 10GB Kuota Belajar Rp10, paket ini hanya dapat digunakan sekali. Artinya, konsumen yang sudah membeli paket 10GB ilmupedia Rp10 tidak dapat membeli paket ini.

cara Cek Poin Telkomsel Desember 2018, Begini cara Tukar Sebelum Batas Waktu Habis Hari Ini (Telkomsel) Paket Kuota Belajar dengan kartu perdana ini berlaku selama 30 hari dengan periode program berlaku mulai 21 Agustus hingga 31 Desember 2020.

Pelanggan bisa membeli Kartu Perdana 10GB Kuota Belajar Rp10 di GraPARI maupun di outlet-outlet terdekat. Selalain itu, paket pada Kartu Perdana InternetMax, UnlimitedMax, dan paket OMG! dapat dibeli dan diaktifkan kembali selama enam bulan melalui beberapa cara.

Antara lain datang kembali ke outlet dan melakukan isi ulang paket-paket tersebut secara langsung tanpa ganti kartu. Bisa juga dengan melakukan pembelian secara langsung melalui *363# atau aplikasi MyTelkomsel.

Untuk pengguna Kartu Perdana InternetMax, UnlimitedMax, dan paket OMG! bisa menikmati tambahan Kuota Belajar 30GB mulai 28 Agustus hingga 31 Desember 2020. Masa aktif tambahan Kuota Belajar 30GB akan mengikuti masa aktif paket yang diaktivasi sebelumnya.

Sementara bagi yang mengakses via Paket Renewal, paket seharga Rp 5 ribu ini hanya dapat diaktifkan oleh pelanggan yang telah membeli Kartu Perdana 10GB Kuota Belajar Rp10.

Konsumen akan mendapatkan paket data 11GB yang terdiri dari kuota internet 1GB (kuota semua jaringan 500MB dan kuota chat WhatsApp dan LINE 500M) dan Kuota Belajar 10GB.

Paket hanya berlaku untuk nomor/perdana khusus yang terpilih, dapat dibeli sekali, serta berlaku untuk 30 hari.

Untuk program Paket Renewal berlaku mulai 28 Agustus hingga 31 Desember 2020. Lantas, bagaimana cara memastikan aktivasi paket telah berhasil?

Pelanggan dapat menggunakan paket setelah menerima SMS notifikasi pembelian paket internet. Sementara sisa kuota dapat dicek melalui:

- Menu “Cek Status” di *363#
- Menu “Cek Kuota Internet” di *888#
- Menu “Status” di aplikasi MyTelkomsel

Artikel ini juga telah tayang di tribunnews.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments