Arti Kata Anjay dan Instilah Populer Lainnya, Awas Salah Penempatan dan Pemahaman

Arti Kata Anjay dan Instilah Populer Lainnya, Awas Salah Penempatan dan Pemahaman

BlogPendidikan.net
- Baru-baru ini istilah 'anjay' tengah menuai perhatian publik. Istilah itu dianggap tidak pantas diucapkan oleh anak-anak. Lantas apa arti anjay yang tengah digandrungi oleh kaum milenial ini dan beberapa istilah gaul lainnya?

Sebagian dari masyarakat milenial menggunakan kata-kata populer sebagai selipan dalam percakapan sehari-hari mereka.

Namun, istilah 'anjay' baru-baru ini menuai perdebatan publik usai artis Lutfi Agizal mengungkapkan soal kontroversi arti kata tersebut dan diamini oleh Ketua Komisi Nasional Arist Merdeka Sirait yang kemudian mengeluarkan surat edaran agar anak-anak tidak menggunakan istilah 'anjay'.


Berikut kami rangkum arti kata anjay dan istilah populer lainnya.

1. Anjay

Kata anjay disebut-sebut muncul sebagai sebuah ungkapan yang berasal dari umpatan kata "Anj*ng". Umpatan menggunakan kata tersebut dinilai terlalu kasar, sehingga sejumlah anak muda memelesetkannya dengan menggunakan kata anjay.

Orang-orang biasanya menggunakan kata anjay sebagai sebuah selipan kata untuk menunjukkan kekaguman terhadap sesuatu.

2. Bucin

Bucin adalah kependekan dari kata budak cinta. Sehingga sering kali istilah ini digunakan untuk sebagai label bagi seseorang baik pria atau wanita yang tergila-gila pada pasangannya.

Sebutan bucin ini mulanya dipopulerkan oleh duo Youtuber pemili kanal Skinny Indonesian 24, Andovi Da Lopez dan Jovial Da Lopez, dan kini mulai marak digunakan oleh kaum milenial di tahun 2020.

3. Santuy

Istilah ini merupakan pelesetan dari kata santai. Biasanya, istilah ini digunakan untuk memberi label kalem atau menyuruh orang agar tidak terburu-buru.

Misalnya, seseorang yang melakukan pekerjaan dengan tenang dan tidak goyah biasanya akan diberi sebutan sebagai "orang yang santuy".

Contoh lainnya bisa disimak dalam percakapan berikut:

A: Cepetan, jangan lama-lama!
B: Iya, sebentar. Santuy dong.

4. Gabut

Kata gabut merujuk pada sebuah situasi ketika seseorang tidak memiliki kesibukan di waktu tertentu.

Istilah ini merupakan singkatan dari kata "gaji buta" yang merupakan sebutan bagi seorang pekerja yang tidak melakukan pekerjaan namun tetap mendapat gaji.

Hanya saja, istilah ini tidak benar-benar membuat seseorang yang 'gabut' dengan serta merta mendapat gaji atau upah betulan.

5. Pansos

Istilah ini sering digunakan untuk menyebut seseorang yang suka mencari perhatian, terutama lewat sosial media.

Pansos adalah sebuah singkatan dari kata "panjat sosial". Kalau di luar negeri, Pansos bisa disamakan dengan istilah Attention Seeker alias pencari perhatian.

Ada pula yang menyamakannya dengan sebutan social climber, yang memiliki arti lebih mirip dengan panjat sosial.

6. Ambyar

Istilah ini diambil dari sebuah kata dalam Bahasa Jawa "ambyar" yang bermakna hancur berkeping-keping.

Ambyar kemudian menjadi semakin populer usai sering diselipkan dalam lirik lagu campursari ciptaan musisi legendaris almarhum Didi Kempot.

Seiring dengan melejitnya popularitas Didi Kempot dan bertambahnya para penggemar lagi campursari, istilah ambyar pun semakin sering dilontarkan oleh masyarakat Indonesia.

Istilah ambyar digunakan untuk mendeskripsikan suasana hati yang kacau, atau sakit hati yang begitu perih hingga seolah perasaan manusia sudah hanccur berkeping-keping.

7. Komuk

Komuk juga merupakan sebuah istilah yang berasal dari singkatan "kondisi muka". Istilah ini dipakai sebagai pengganti dari istilah "ekspresi" atau "mimik muka". Penggunaannya bisa disimak dalam percakapan berikut.

A: Foto yuk!
B: Enggak mau ah, komuk gue lagi kusut begini.

8. Halu

Halu adalah istilah gaul dari kata halusinasi. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki angan-angan atau khayalan yang tinggi.

9. Mager

Istilah ini adalah sebuah singkatan dari kata "malas gerak". istilah mager digunakan untuk menunjukkan rasa malas yang sedang menghinggapi seseorang.

10. Mantul

Mantul adalah sebuah singkatan dari kata "mantap betul". Istilah ini dipakai untuk sebagai sebuah ungkapan kekaguman atau pujian terhadap seseorang atau sesuatu.

11. Baper

Baper merupakan sebuah singkatan dari "Bawa perasaan". Istilah ini sudah sering digunakan untuk menyebut seseorang yang terlalu sensitif terhadap sebuah isu atau perkataan.

12. Nolep

Nolep sebenarnya merupakan sebuah singkatan yang berasal ddari istilah bahasa Inggris yaitu "No life" yang berarti tidak punya kehidupan.

Istilah ini dipakai untuk menunjukkan bahwa seseorang yang tidak peduli atau acuh terhadap lingkungan sekitarnya.

13. XOXO

Istilah ini sering digunakan di akhir sebuah pesan teks untuk menunjukkan kasih sayang. XOXO adalah istilah gaul dari Hugs and Kisses yang berarti peluk dan cium.

14. Gercep

Gercep merupakan singkatan dari istilah "Gerak Cepat". Istilah ini adalah sebutan untuk seseorang yang suka melakukan pekerjaanya dengan cepat. Gercep juga bisa dipakai sebagai anjuran agar seseorang lebih cepat melakukan sesuatu.

15. Japri

Japri adalah sebuah singkatan dari istilah "jalur pribadi". Japri merujuk pada istilah dalam pesan singkat untuk menunjukkan bahwa seseorang bisa mengirim pesan secara pribadi lewat kontak yang dimiliki, bukan melalui grup.
Itu dia arti kata anjay dan istilah populer yang sering dilontarkan milenial 2020! (*)

Sumber; suara.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments