Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda, Berikut 5 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Pendaftaran

Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda, Berikut 5 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Pendaftaran

BlogPendidikan.com
- Jadwal pendaftaran CPNS atau CASN dan PPPK 2021 ditunda. Menurut rencana awal, jadwal pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 termasuk menjadi guru akan dibuka mulai 31 Mei. 

Penundaan jadwal pendaftaran CPNS atau CASN dan PPPK 2021 diungkapkan oleh Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan melalui akun Twitter-nya. “Tgl 31 Mei 2021 penerimaan #CPNS2021 #P3K2021 BELUM DIBUKA. 

Masih banyak persiapan yg dilakukan oleh Panselnas. Pada saatnya, @BKNgoid akan menyampaikan pada publik. Semua spekulasi dibuang jauh2. Jangan habiskan energi unt hal2 tak berdasar. Apalagi sekadar menghimpun AdSense.” 

Demikian kicauan Ridwan melalui akun Twitter @abiridwan2173. Sampai berita ini diturunkan, Ayojakarta belum mendapatkan keterangan langsung dari Ridwan dan pejabat BKN lain untuk mengonfirmasi hal tersebut. Awalnya, jadwal pendaftaran calon PPPK dan CPNS 2021 termasuk untuk guru sudah dirilis oleh pemerintah yakni pada 31 Mei. 

Bagi yang ingin mendaftar diminta untuk mengakses laman resmi yang dibangun pemerintah yaitu https://sscasn.bkn.go.id/.

Berikut adalah informasi pendaftaran CPNS 2021 terbaru seperti yang dilansir suara.com:

* Pengumuman Seleksi: 30 Mei - 13 Juni 2021 
* Pendaftaran Seleksi: 31 Mei - 21 Juni 2021 
* Seleksi Administrasi dan Pengumuman Hasilnya : 1 Juni - 30 Juni 2021 
* Masa Sanggah: 1 Juli - 11 Juli 2021

Jadwal Ujian CPNS dan PPPK 2021 

SKD CPNS (CAT BLN): Juli - September 2021 

* Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru (CAT BKN): Juli - September 2021 
* Seleksi Kompetensi PPPK Guru (CBT Kemendikbud) 
* Tes 1: Agustus 2021 
* Tes 2: Oktober 2021 
* Tes 3: Desember 2021 

SKB CPNS dan PPPK : September - Oktober 2021
 
* Penentuan Lulus CPNS 2021 Pengumuman Akhir dan Masa Sanggah: November 2021 
* Penetapan NIP CPNS atau Nomor Induk PPPK: Desember 2021 

Menurut penelusuran Ayojakarta, jadwal pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 termasuk guru dimulai pada 31 Mei 2021. Akan ada sekitar 1,275 juta formasi kursi tersedia yang didominasi oleh tenaga pendidik. Pendaftaran penerimaan CPNS 2021 dan PPPK 2021 hanya dilakukan melalui satu pintu dan terpadu melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/. 

Berikut 5 hal penting untuk menghadapi penerimaan CPNS dan PPPK 2021 yang dilansir oleh BKN beberapa waktu lalu: 

1. Satu portal pendaftaran 

Seleksi CPNS 2021 ini pemerintah akan menggunakan satu portal pendaftaran untuk 3 kategori rekrutmen, yaitu CPNS, sekolah kedinasan, dan PPPK. 

2. Tidak perlu mengunggah dokumen 

Peserta seleksi CPNS 2021 tidak perlu mengunggah dokumen seperti seleksi tahun sebelumnya. Data dari SSCASN akan langsung terintegrasi dengan nomor induk kependudukan (NIK) di Dukcapil, data Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), data STR di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga akses data ijazah di Kementerian Ristekdikti. Oleh karena itu, pastikan NIK kamu terdaftar di Dukcapil. Nik ini juga nantinya bakal diperlukan untuk kebutuhan administrasi lainnya saat seleksi CPNS 2021. 

3. Tidak perlu membuka masing-masing portal instansi 

Untuk mengetahui formasi yang dibuka pada seleksi CPNS sebelumnya, peserta harus membuka satu per satu instansi dan atau kementerian guna mengetahui informasi yang dibuka. Namun, seleksi CPNS 2021 ini memudahkan peserta untuk mendapat informasi tersebut melalui portal SSCASN. 

4. Fitur pemindai wajah 

Fitur pemindaian wajah ini digunakan untuk mencegah adanya calo di seleksi CPNS 2021. Fitur pemindai wajah ini baru ditambahkan pada seleksi tahun ini. 

5. Hasil tes CPNS 2021 dapat dipantau dari mana saja
 
Karena masih mengalami kondisi pandemi Covid-19, panitia seleksi memudahkan peserta untuk mengakses hasil ujian secara langsung melalui channel YouTube BKN. 

Hal tersebut bertujuan agar peserta tidak berkerumun di lokasi ujian. Kabar baiknya, peserta yang terpapar Covid-19 akan diberikan sarana ujian khusus hingga tetap berkesempatan mengikuti seleksi CPNS 2021. 

DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN 

Sejumlah dokumen yang harus dipenuhi oleh calon peserta seleksi CPNS dan PPPK 2021 pada dasarnya sama dengan persyaratan pada rekrutmen ASN tahun sebelumnya. 

Beberapa dokumen utama yang perlu disiapkan antara lain: 

* Kartu Keluarga (KK) 
* Kartu Tanda Penduduk (KTP) 
* Ijazah dan Transkrip nilai 
* Pasfoto 
* Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang dilamar 

MATERI SELEKSI 

Seperti yang berlangsung sebelumnya, tahapan seleksi penerimaan CPNS dan PPPK 2021 dilakukan dalam tiga tahap yakni seleksi administrasi, seleksi kemampuan dasar (SKD), dan seleksi kemampuan bidang (SKB). 

Materi seleksi penerimaan CPNS dan PPPK 2021 untuk SKD juga terdiri dari 3 komponen utama, yakni:
 
* Tes Intelegensia Umum (TIU), 
* Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan 
* Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 

Sementara itu, untuk materi SKB berbeda-beda tergantung kebutuhan di formasi yang dituju berupa tes potensi akademik, praktik kerja, tes bahasa asing, tes fisik, psikotes, tes kesehatan jiwa, dan wawancara. Berbeda dari seleksi CPNS, untuk PPPK sistem yang digunakan adalah Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dari Kemendikbud-Ristek.

(Sumber: ayojakarta.com)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments