6 Tips Menjadi Blog Guru Yang Sukses

6 Tips Menjadi Blog Guru Yang Sukses

BlogPendidikan.net
- Salam, kali ini BlogPendidikan.net akan berbagi pengalaman sekaligus tips buat Kamu, menjadikan Blog sebagai sarana informasi dan tentunya sebagai sumber penghsilan tambahan. Menjadi Blogger yang sukses tidaklah mudah ada bebrapa hal yang menjadi tantangan agar profesional menjalankan blog Terutama Blog Guru.

Apa Itu Blog?

Blog berasal dari kata Web Blog. Web artinya internet sedangkan Blog mempunyai makna catatan. Jadi makna harfiahnya Blog adalah catatan yang ditulis oleh pemiliknya dan dipublikasikan di internet Blog pada dasarnya merupakan website. 

Namun, terdapat beberapa ciri khusus yang terdapat pada blog sehingga sedikit membedakan dengan website. Ciri-ciri blog yang utama tersebut adalah Kemudahan untuk menambahkan konten baru.

Secara umum, blog yang baik adalah blog yang mengutamakan penggunanya karena blog menampilkan informasi yang dibutuhkan pengguna blog. Maka dalam penyajian informasi tersebut, blog harus didesain sedemikian rupa agar pengguna blog mendapat kemudahan dan kenyamanan saat mengakses informasi dari blog tersebut.

Manfaat Blog Bagi Guru

Blog dapat berfungsi sebagai media writing learning. 

Dengan blog guru dapat belajar dan mengasah kemampuannya dalam membuat sebuah karya ilmiah atau karya tulis. Sebelum unjuk gigi dalam bidang karya tulis dalam setiap even resmi seperti, lomba karya tulis, atau sertifikasi, alangkah baiknya guru menggunakan blog sebagai media writting learning terlebih dahulu.

Blog dapat menjadi media publikasi hasil karya yang paling mudah dan strategis. 

Semisal, publikasi hasil penemuan, karya ilmiah dan kegiatan-kegiatan siswa atau guru di sekolah.

Blog dapat berfungsi sebagai media atau tutorial pembelajaran. 

Guru dapat membuat dan meresume materi pelajaran kemudian meletakkannya ke dalam sebuah blog, sehingga siswa dapat mengakses materi dengan mudah, tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat. Penggunaan blog sebagai media pembelajaran sangat mudah digunakan dan mudah dikelola dan dirawat.

Proses pembelajaran akan lebih efisien dan efektif. 

Misalnya guru menuliskan apapun tentang kegiatan di sekolah seperti, menceritakan kegiatan belajar yang menyenangkan bersama siswa, menceritakan inovasi dalam metode mengajar yang memang menarik minat dan bisa jadi contoh bagi guru-guru yang lain untuk dipraktekkan di kelas mereka, menuliskan uneg-uneg akan protes kebijakan pendidikan, selain jadi bahan melepas stres juga bisa sebagai ancang-ancang berargumen tentang pengalaman.

Sebagai sumber penghasilan tambahan

Tidak dipungkiri lagi, jika mengelola blog, akan terbayang penghasilan yang akan didapatkan dari blog tersebut. Penghasilan adalah hal yang kedua untuk menjadi blogger profesional, yang utama adal kelola blog sesuai nice atau topik dari blog kamu. jika mendapatkan tempat di publik, perlahan-lahan akan berpenghasilan.

Bagaimana membuat blog agar sukses, berikut tips membuat blog guru sukses :

Tentukan nice atau topik utama dari blog kamu

Dalam menentukan sebuat topik ini sangat penting, sebuah blog akan lebih mudah dipahami jika topik atau konten yang ada didalamnya searah tidak campuran. 

Menulis dengan gaya kamu

Salah satu hal yang membuat blog itu terkenal atau sukses dari tulisan atau artikel yang di tebitkan dalam blog tersebut. Gunakanlah teknik menulis kamau yang bisa menarik minat untuk membaca artikel blog kamu.

Mengatur waktu

Banyak sekali blogger yang gagal mencapai hasil yang diharapkan karena kesalahan dalam mengelola waktu. Pada dasarnya kegiatan blogging tidak mengikat harus dilakukan di waktu tertentu. Akan tetapi, banyaknya hal yang harus dilakukan membuat pengaturan waktu menjadi penting.  Jadi, Kamu bisa tahu kapan waktu untuk merencanakan konten, menulis artikel dan melakukan langkah optimasi blog.

Belajar hal-hal baru

Membuat blog tentunya bukan hanya sekedar membuat saja, didalamnya sudah pasti memiliki tujuan, sangat disayangkan jika blog dibuat hanya sekedarnya saja tanpa pengembangan. Menjadi blog terkenal kuncinya harus banyak belajar tentang hal-hal yang baru. Semisal SEO (Search Egine Optimasi), Coding dan membangun jaringan.

Terus Kreatif

Salah satu alasan pengunjung datang ke blog Kamu adalah adanya informasi yang bermanfaat, yang tidak ditemukan di blog lain. Maka, menjadi blogger yang kreatif akan membantu kesuksesan blog tersebut.

Kesabaran dalam mengelola

Nah, ini hal yang banyak terjadi. Ingin mendapatkan hasil yang cepat tanpa kesabaran, komitmen dan kerja keras tidak akan mendapatkan tempat menjadi blogger yang sukses. Dari semua blogger yang sukses hal utama yang mereka perhatikan adalah kesabaran dalam mengelola.

Okey, demikian tulisan singkat ini, bagaimana menjadi blog guru yang sukses semoga memberikan manfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments