Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6
BlogPendidikan.net
 - Dalam proses pembelajaran dikelas tentunya harus menggunakan buku yang relefan yang telah diterbitkan oleh pemerintah. Buku guru dan buku siswa adalah buku yang diterbitkan searah antara buku pegangan guru dan buku yang digunakan oleh siswa pada masing-masing tema, sehingga mudah dalam mengaplikasikannya kedalam proses pembelajaran.

Buku Guru dan Buku Siswa disiapkan Pemerintah agar implementasi Kurikulum 2013 dapat terlaksana dengan baik yang terwujud dalam kegiatan pembelajaran tematik terpadu. Setiap Buku Guru dan Buku Siswa mengandung satu tema. Setiap tema terdiri dari sejumlah subtema dan diuraikan lagi menjadi sejumlah pembelajaran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan beberapa kali perbaikan Buku Guru dan Buku Siswa guna menyediakan sumber belajar yang berkualitas dalam Kurikulum 2013.

Pengertian Buku Guru dan Buku Siswa

Buku Siswa adalah buku yang diperuntukkan bagi siswa yang dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. 

Buku Siswa bukan sekedar bahan bacaan, tetapi juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan dengan tujuan agar dapat terselenggaranya pembelajaran kontekstual, artinya siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya. 

Buku Siswa disusun untuk memfasilitasi siswa mendapat pengalaman belajar yang bermakna. Isi sajian buku diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antar teman maupun dengan gurunya. 

Melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan motivasi, rasa keiingintahuan, inisiatif, dan kreativitas peserta didik. Walaupun telah disusun sedemikian rupa, guru masih dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Buku Guru adalah panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Buku Guru berisi langkah-langkah pembelajaran yang didesain menggunakan pendekatan saintifik sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013.

Buku Guru adalah buku panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas yang berisi langkah-langkah pembelajaran yang didesain menggunakan pendekatan saintifik sesuai dengan
kurikulum 2013. 

Isi Buku Guru Meliputi : 
  1. Jaringan tema, memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa Kompetensi Dasar
  2. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu
  3. Pengalaman belajar yang bermakna 
  4. Berbagai teknik penilaian peserta didik 
  5. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan
  6. Kegiatan interaksi guru dan orang tua
  7. Petunjuk penggunaan Buku Siswa.
Berikut, tentang Buku Guru dan Buku SIswa Kurikulum 2013 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 bisa Anda unduh pada tautan dibawah ini

Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 SD Kelas 1 >>> UNDUH
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 SD Kelas 2 >>> UNDUH
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 SD Kelas 3 >>> UNDUH
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 SD Kelas 4 >>> UNDUH
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 SD Kelas 5 >>> UNDUH
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 SD Kelas 6 >>> UNDUH

Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan berita terupdate tentang guru dan pendidikan) Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments