Prota dan Promes Jenjang SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Kurikulum 2013

Prota dan Promes Jenjang SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Kurikulum 2013

BlogPendidikan.net
- Berjalanya proses pembelajaran tentunya harus ditunjang dengan kelengkapan perangkat pembelajaran diantaranya Prota (Program Tahunan) dan Promes (Program Semester) kedua kelengkapan pembelajaran tersebut wajib dimiliki guru dan menyusunnya sebagai acuan dalam proses pembelajaran di kelas.

Program Tahunan (PROTA)

Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan (standar kompetensi dan kompetensi dasar) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa.


Prota merupakan rencana penetapan alokasi waktu satu tahun pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Inti, kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum. Prota berdasarkan Kurikulum 2013 merupakan program umum pembelajaran untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru. 

Prota tersebut sebagai rencana umum pelaksanaan pembelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun. Prota perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Komponen Prota :
  1. Identitas (Satuan Pendidikan, mata pelajaran, tahun pelajaran)
  2. Kompetensi inti
  3. Kompetensi dasar
  4. Alokasi waktu;
Program Semester (PROMES)

Program semester merupakan penjabaran dari Prota sehingga program tersebut tidak bisa disusun sebelum tersusun Prota. Program semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam 1 semester (6 bulan). 

Promes berisikan rumusan pokok-pokok aktivitas guru dalam melakukan pembelajaran selama satu semester dengan mempertimbangkan alokasi waktu yang tersedia, jumlah kompetensi dasar, dan indikator.

Komponen Promes :
  1. Identitas
  2. Satuan pendidikan
  3. Mata pelajaran
  4. Kelas, semester
  5. Tahun pelajaran.
Format isian Promes :  Materi, Tema, Sub tema, Alokasi waktu, dan, Bulan yang terinci per minggu.

Berikut perangkat pembelajaran yang terdiri dari Prota dan Promes untuk jenjang SD (Sekolah Dasar) kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 yang bisa Anda unduh pada tautan dibawah ini.

Prota dan Promes Jenjang SD Kelas 1 Kurikulum 2013 : UNDUH
Prota dan Promes Jenjang SD Kelas 2 Kurikulum 2013 : UNDUH
Prota dan Promes Jenjang SD Kelas 3 Kurikulum 2013 : UNDUH
Prota dan Promes Jenjang SD Kelas 4 Kurikulum 2013 : UNDUH
Prota dan Promes Jenjang SD Kelas 5 Kurikulum 2013 : UNDUH
Prota dan Promes Jenjang SD Kelas 6 Kurikulum 2013 : UNDUH

Untuk penunjang proses pembelajaran juga disediakan Buku Guru dan Buku Siswa : Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments