Bagaimana Langkah-langkah Pendekatan Saintifik dan Prinsipnya dalam Pembelajaran Kurikulum 2013

Bagaimana Langkah-langkah Pendekatan Saintifik dan Prinsip dalam Pembelajaran Kurikulum 2013

BlogPendidikan.net
- Kata saintifik pada dasarnya mengacu kepada pada kata sains. Makna harfiah dari kata sains adalah ilmu nyata, ilmu eksak, yang berkaitan dengan matematika dan ilmu alam. Dalam pembelajaran yang diusung oleh Kurikulum 2013, metode yang dipakai dalam sains tersebutlah yang dijadikan sebagai pendekatan dalam pembelajaran. 

Jadi pendekatan saintifik yang diberlakukan oleh kurikulum 2013 bukan berarti pendekatan yang hanya mempelajari matematika dan ilmu alam.

Kurikulum 2013 mengembangkan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik. (Permendikbud Nomor 54/2013) Bagaimana Kurikulum 2013 memfasilitasi peserta didik memperoleh nilai-nilai, pengetahuan, dan keterampilan secara berimbang. 

Bagaimana proses pembelajaran dilaksanakan?

Berikut Langkah-langkah Pendekatan Saintifik dan Prinsipnya dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 :

1. MENGAMATI

Langkah mengamati secara umum diartikan sebagai langkah merangsang panca indera siswa untuk mengamati suatu objek. Kegiatan belajar yang dilakukan pada langkah mengamati adalah membaca, mendengar, menyimak, dan melihat. 

2. MENANYA

Langkah menanya merupakan langkah yang mengupayakan siswa memiliki rasa penasaran terhadap objek yang diamatinya. Pada langkah ini guru dituntut memiliki keterampilan bertanya dasar maupun bertanya lanjut. 

Meskipun pada dasarnya guru melakukan kegiatan tanya jawab dengan siswa, namun  tujuan sebenarnya adalah mengupayakan siswa memiliki kemampuan aktif bertanya. 

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada langkah menanya ini berupa siswa mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari objek yang diamatinya.

3. MENGUMPULKAN INFORMASI ATAU EKSPERIMEN

Langkah mengumpulkan informasi atau eksperimen merupakan langkah pengumpulan fakta dari apa yang diamati siswa. Fakta-fakta yang didapatkan dari pengamatan suatu objek dan yang telah dipertanyakannya dikumpulkan dalam suatu daftar ataupun lembar kerja. 

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada langkah mengumpulkan informasi adalah melakukan percobaan atau eksperimen, membaca literatur, menuliskan hasil pengamatan dari suatu objek, dan mewawancarai narasumber.

4. MENGASOSIASIKAN ATAU MENGOLAH INFORMASI

Langkah mengasosiasikan atau mengolah informasi merupakan langkah pembelajaran yang mengupayakan siswa mengolah fakta-fakta yang telah dikumpulkannya.

Dari hasil pengolahan itu akan dihasilkan kesimpulan sementara dari objek yang menjadi materi pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada langkah mengasosiasikan ini adalah mendiskusikan hasil pengamatan dan menarik kesimpulan dari fakta-fakta yang telah dikumpulkan. 

5. MENGKOMUNIKASIKAN

Kegiatan mengkomunikasikan merupakan kegiatan menyampaikan hasil olahan informasi. Siswa pada langkah ini diminta untuk menyampaikan hasil diskusinya (jika pembelajaran ditempuh dengan metode diskusi). Kegiatan pembelajaran yang berlangsung selama mengkomunikasikan adalah menyampaikan hasil pengolahan informasi secara lisan, tertulis, atau media lainnya.

Adapun prinsip-prinsip kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013, adalah sebagai berikut :
  • Peserta didik difasilitasi untuk mencari tahu
  • Peserta didik belajar dari berbagai sumber belajar
  • Proses pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah
  • Pembelajaran berbasis kompetensi
  • Pembelajaran terpadu;
  • Pembelajaran yang menekankan pada jawaban divergen yang memiliki kebenaran multi dimensi
  • Pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif
  • Peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard-skills dan soft skills
  • Pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat
  • Pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (Ing Ngarso Sung Tulodo), membangun kemauan (Ing Madyo Mangun Karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (Tut Wuri Handayani)
  • Pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat
  • Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran
  • Pengakuan atas perbedaan individualdan latar belakang budaya peserta didik
  • Suasana belajar menyenangkan dan menantang.
Demikian tentang Bagaimana Langkah-langkah Pendekatan Saintifik dan Prinsip dalam Pembelajaran Kurikulum 2013, semoga memberikan manfaat dan terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments