Ini Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah, Masyarakat dan di Rumah

Bapak - Ibu, Ini Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah, Masyarakat dan di Rumah

BlogPendidikan.net
- Hak dan Kewajiban siswa tercermin dalam hubungan proses pendidikan, yang didalamnya ada peserta didik, pendidik, lembaga pendidikan, kurikulum, dan lain-lainnya, yang tidak hanya tertuju pada satu aspek, tetapi meliputi seluruh aspek hubungan, sehingga hak dan kewajiban peserta didik dapat tercapai.

Hak adalah segala sesuatu yang harus di terima dan dimiliki semua warga masyarakat. Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan sesuai atur yang berlaku.

Hak peserta didik adalah wewenang dan kekuasaan peserta didik dalam melakukan sesuatu (kegiatan belajar) yang telah ditentukan oleh undang-undang, aturan, dan segala hal yang mengatur tentang hak tersebut. 

Sedangkan kewajiban peserta didik adalah perkara yang mesti dilakukan atau dilaksanakan oleh peserta didik, baik berupa perintah atau hal-hal lain yang berhubungan dengan sesuatu yang harus dilaksanakan, serta yang harus ditinggalkan sebagai seorang peserta didik.

Berikut akan dijabarkan bentuk-bentuk Hak dan Kewajiban siswa di Sekolah, Masyarakat dan Rumah :

Hak dan kewajiban siswa di sekolah :

Hak Siswa di Sekolah :
  1. Berhak mendapat perlakuan adil (nilai) dari guru dan perlindungan.
  2. Berhak mendapat bimbingan dari guru dan pendidikan.
  3. Berhak meminjam buku di perpustakaan.
  4. Berhak mempunyai banyak teman.
  5. Berhak menggunakan fasilitas yang ada disekolah.
Kewajiban Siswa disekolah :
  1. Siswa harus taat kepada Guru dan Kepala Sekolah.
  2. Ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah.
  3. Ikut bertanggung jawab atas pemeliharaan gedung, halaman, perabotan yang ada disekolah.
  4. Membantu kelancaran pelajaran dikelas.
  5. Ikut menjaga nama baik sekolah, guru maupun pelajar lainnya baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah.
  6. Menghormati guru dan saling menghargai antar sesama murid.
  7. Melengkapi diri dengan keperluan sekolah.
  8. Murid yang membawa kendaraan harus meletakkan kendaraannya ditempat yang sudah ditentukan.
  9. Ikut membantu agar tata tertib sekolah dapat berjalan dengan lancar.
  10. Memakai pakaian seragam sekolah sesuai dengan hari yang telah ditentukan.
  11. Murid berkewajiban untuk mengikuti upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang diselenggarakan.
  12. Memberikan keterangan Sakit, Izin atau Alpa dari orangtua bahwa Anda berhalangan untuk sekolah.
  13. Murid-murid wajib mengikuti pelajaran dan ulangan disekolah.
Hak dan kewajiban siswa di Masyarakat :

Hak siswa di Masyarakat :
  1. Mengembangkan bakat dan kemampuan
  2. Mendapatkan berbagai layanan umum: Pemerintah selama ini telah menyediakan berbagai layanan umum yang dapat dimanfaatkan oleh semua warga masyarakat
  3. Layanan kesehatan: Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) atau Puskesmas kita dapat memperoleh layanan pengobatan murah atau bahkan gratis. Misalnya dengan adanya BPJS Kesehatan, setiap penduduk dapat mengakses layanan kesehatan yang ada di negeri ini
  4. Layanan di bidang pendidikan: Kalau kita bersekolah di sekolah-sekolah negeri atau di Perguruan Tinggi Negeri kita dapat memperoleh biaya pendidikan yang terjangkau atau tidak membayar sama sekali. Misalnya Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang memberikan peluang warga yang kurang mampu untuk mendapat pendidikan
Kewajiban Siswa di Masyarakat :
  1. Menjaga kebersihan di lingkungan masyarakat.
  2. Menjaga suasana agar tetap damai dan tentram serta sejahtera.
  3. Saling menghormati dan menghargai masyarakat yang ada di sekitar kita.
  4. Saling membantu dan bergotong royong
Hak dan kewajiban siswa di Rumah :

Hak Siswa di Rumah :
  1. Mendapatkan kasih sayang:  Sebagai anggota keluarga berhak mendapatkan kasih sayang dari seluruh keluarga. Sedari kecil telah mendapatkan kasih sayang dari orangtua. Kita selalu dijaga dan dirawat dengan penuh kasih. Kasih sayang yang telah diberikan oleh orang tua harus disyukuri dengan cara menghormati dan menghargai mereka.
  2. Mendapatkan perlindungan:  Kita semua membutuhkan perlindungan dari segala keadaan atau kondisi yang dapat membahayakan diri kita atau dapat membuat kita sakit. Di dalam keluarga kita dapat memperoleh itu semua. Orang tua berkewajiban memberikan perlindungan sesuai dengan kemampuannya.
  3. Mendapatkan kesehatan:  Kesehatan sangat penting bagi kita. Saat tubuh kita sehat, kita dapat belajar, bermain, dan mengerjakan semua pekerjaan dengan nyaman. Sebaliknya, saat tubuh kita sakit, kita tidak dapat melakukan semua kegiatan tersebut dengan baik. Kesehatan adalah hak kita. Saat sakit kita berhak mendapatkan pengobatan agar bisa kembali sehat
  4. Mendapatkan hak untuk bermain:  Dengan bermain kita belajar bersosialisasi dengan orang lain. Dengan bermain kita juga akan memperoleh sesuatu yang menyenangkan. Hak untuk bermain merupakan hak kita semua.
  5. Mendapatkan pendidikan:  Di dalam keluarga kita berhak untuk mendapatkan pendidikan. Orangtua mendidik kita di rumah dan menyekolahkan kita untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik
Kewajiban Siswa di Rumah :
  1. Kewajiban siswa mematuhi aturan keluarga: Setiap keluarga memiliki aturan masing-masing. Aturan yang berlaku bagi keluarga yang satu mungkin berbeda dengan yang berlaku di keluarga yang lain : Setiap anggota keluarga wajib menaati aturan yang telah disepakati agar kehidupan keluarga berlangsung harmonis. Contoh aturan dalam keluarga: berpamitan sebelum meninggalkan rumah, mencuci peralatan makan sesudah digunakan, memberi salam ketika meninggalkan atau kembali ke rumah.
  2. Membersihkan rumah:  Membersihkan rumah merupakan salah satu kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap anggota keluarga. Rumah yang bersih dan rapi akan membuat anggota keluarga merasa nyaman dan betah tinggal dirumah. Kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan akan menjadi kebiasaan baik sehingga kita akan berusaha menjaga kebersihan di mana saja berada.
  3. Membantu orangtua:  Orangtua adalah orang yang berperan penting bagi kelangsungan hidup keluarga. Orangtua sangat menyayangi anak-anaknya. Mereka bekerja keras mencari nafkah untuk memelihara, selalu berusaha melindungi, dan mendidik anak-anaknya agar kelak menjadi anak yang mandiri dan berguna. Oleh karena itu, setiap anak berkewajiban membantu orang tua di rumah sesuai dengan kemampuannya.
Demikian artikel ini tentang Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah, Masyarakat dan di Rumah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa berbagi. Terima kasih.

Rujukan :
Tautan : http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/876/4/BAB%20II.pdf

Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan berita terupdate tentang guru dan pendidikan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments