Media dan Materi Pembelajaran PowerPoint SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Media dan Materi Pembelajaran PowerPoint SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

BlogPendidikan.net
- Media pembelajaran adalah segala sesuatu sumber belajar yang digunakan oleh guru atau pengajar dalam proses pembelajaran, dimana didalamnya terdapat media atau alat yang digunakan untuk mempermudah siswa dalam menguasai materi yang disampaikan oleh pengajaran atau guru, salah satunya adalah Media PowerPoint.

Tentang PowerPoint

Power Point sebagai bagian dari fasilitas yang telah tersedia pada komputer merupakan salah satu piranti lunak dari paket Microsoft Power Point digunakan untuk membuat slide presentasi yang ditampilkan melalui layar komputer.

Berbeda dengan slide transparan atau mika, slide yang dibuat dengan Microsoft Power Point mempunyai banyak kelebihan, antara lain; mampu menampilkan tulisan dan gambar dengan bermacam warna, dapat dipadukan dengan gambar hidup atau film, proses penulisan yang mudah (bila salah ketik, tinggal di delete), pola tulisan dapat dipilih sesuai dengan selera kita dan dapat pula menyisipkan suara (lagu) sehingga presentasi menjadi lebih menarik dan atraktif

Microsoft Powerpoint adalah aplikasi milik Microsoft office selain microsoft word dan microsoft excel yan telah dikenal banyak orang. Microsoft Powerpoint menyediakan fasilitas slide untuk menampung pokok-pokok pembicaraan yang akan disampaikan kepada peserta didik.

Dengan fasilitas animasi sebuah slide bisa dimodifikasi agar menarik perhatian peserta didik. Begitu juga dengan adanya fasilitas front picture, sound dan effect dapat dipakai untuk membuat suatu slide yang bagus dan menarik.

Hal-hal yang perlu ditempuh dalam proses pembuatan presentasi Powerpoint Menurut (Dina Indriana) yaitu sebagai berikut:
  1. mengidentifikasi program, memilih sesuai dengan materi, sasaran, latar belakang kemampuan siswa, usia dan tingkat pendidikan serta mengidentifikasi sumber pendukung seperti gambar, animasi, video, dan sebagainya.
  2. mengumpulkan bahan pendukung sesuai dengan kebutuhan materi dan sasaran, seperti video, gambar, animasi, dan suara.
  3. setelah mengumpulkan bahan dan materi sudah diringkas, maka masukkan ke dalam program Powerpoint.
  4. setelah selesai semuanya, maka diteliti kembali setiap slide dari penyusunan materi tersebut
Untuk membantu dalam proses pembelajaran BlogPendidikan.net berbagi tentang Media dan Materi Pembelajaran PowerPoint untuk jenjang SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Untuk mengunduhnya, pada tautan dibawah ini.

Media dan Materi Pembelajaran PowerPoint SD Kelas 1 >>> UNDUH
Media dan Materi Pembelajaran PowerPoint SD Kelas 2 >>> UNDUH
Media dan Materi Pembelajaran PowerPoint SD Kelas 3 >>> UNDUH
Media dan Materi Pembelajaran PowerPoint SD Kelas 4 >>> UNDUH
Media dan Materi Pembelajaran PowerPoint SD Kelas 5 >>> UNDUH
Media dan Materi Pembelajaran PowerPoint SD Kelas 6 >>> UNDUH

Terima kasih, semoga apa yang disajikan dalam artikel ini bisa bermanfaat dan jangan lupa berbagi.

Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan berita terupdate tentang guru dan pendidikan) Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEW

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments