Mengenal Sosok Pencipta Buku "Ini Budi, Ini Bapak Budi, Ini Ibu Budi"

Mengenal Sosok Pencipta Buku Ini Budi, Ini Bapak Budi, Ini Ibu Budi

BlogPendidikan.net
- Ini Budi, Ini Bapak Budi ... demikian sepengal kalimat yang sangat populer di tahunnya, ya.. kalimat itu terdapat pada buku mata pelajaran Bahasa Indonesia yang sangat populer dizamannya. Tentunya siswa Sekolah Dasar (SD) era 1990-an, kalimat Ini Budi, ini ibu Budi, ini bapak Budi, barangkali seperti makanan wajib. Tahukah Anda siapa sosok yang pertama kali mencetuskan kalimat ini?

Sosok Siti Rahmani Rauf sebagai pencetus kalimat ini. Menciptakan pembelajaran buku paket/peraga kelas 1 SD dengan metode SAS atau Struktur Analitik Sintetik bersama rekannya di era 1980-an. Buku itu pun digunakan hampir di seluruh kota di Indonesia.

Buku yang dirumuskan wanita kelahiran Sumatera Barat itu menjadi sangat populer hingga kini. Pada masa itu, buku peraga Ini Budi laris manis di seluruh kota di Indonesia. Namun Siti mengakui bahwa buku paket Ini Budi sebenarnya telah ada namun buku peraganya yang tidak ada.

Oleh karena itu dibuatlah buku peraga Ini Budi, yang tidak lain adalah pembelajaran yang pernah kita jumpai ketika belajar di bangku kelas 1 SD. Karena buku peraga itulah yang membuat kalimat Ini Budi menjadi sangat populer hingga saat ini untuk di pelajari oleh siswa kelas 1 SD.

Dalam buku itu Budi digambarkan sebagai anak yang baik. Ia rajin membantu orang tua dan kakaknya, Ani. Budi juga rajin menabung dan beternak. Ia beternak ayam, itik dan kambing.

Yang mengasyikkan, dalam buku pelajaran itu juga dilengkapi ilustrasi wajah masing-masing tokoh, yaitu Budi, Ibu Budi, Bapak Budi dan Ani. Anak-anak yang bersekolah di Sekolah Dasar (SD) pada tahun 1980-1990-an tentu sulit melupakan kenangan tentang Budi.

Tokoh Budi sekeluarga nan ikonik itu diciptakan oleh seorang guru bernama Siti Rahmani Rauf. Konon ia memilih nama Budi dan Ani karena keduanya dianggap mudah dicerna dan diterima oleh anak-anak di seluruh Indonesia.

Siti Rahmani Rauf

Siti Rahmani Rauf Pencipta Buku "Ini Budi"

Siti Rahmani Rauf (lahir di Padang, Hindia Belanda, 5 Juni 1919  meninggal di Jakarta, Indonesia, 10 Mei 2016 pada umur 96 tahun) adalah seorang pendidik dan penulis buku peraga pelajaran Bahasa Indonesia Ini Budi pada era 1980-an dengan menggunakan tokoh Budi yang kemudian menjadi terkenal di Indonesia.

Metode pembelajaran bahasa yang sekaligus menggunakan alat peraga, yang disebut Struktur Analitik Sintesis (SAS) Bahasa Indonesia tersebut dianggap menyenangkan bagi siswa SD pada masa itu sehingga membantu para murid menjadi lebih cepat bisa membaca.

Buku peraga Ini Budi yang sangat populer itu kemudian digunakan di hampir seluruh kota di Indonesia. "Ini Budi, ini ibu Budi, ini bapak Budi" menjadi kalimat yang terkenal pada era 1980 - 1990-an.

Siti Rahmani yang telah mengajar sebagai guru sejak tahun 1937 itu mengerjakan buku tersebut pada awal tahun 1980-an setelah ditawarkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, ketika ia sudah pensiun sebagai Kepala Sekolah SDN Tanah Abang 5, Jakarta Pusat, pada tahun 1976. Tawaran tersebut ia terima tanpa meminta bayaran, semata-mata karena kecintaannya pada dunia pendidikan.

Siti Rahmani wafat pada tanggal 10 Mei 2016 karena usia yang sudah lanjut dan penyakit diabetes yang telah diidapnya selama 30 tahun.

Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan berita terupdate tentang guru dan pendidikan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Rujukan :
Wikipedia : https://id.wikipedia.org/wiki/Siti_Rahmani_Rauf

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments